Log in
Pemkab-Aceh-Selatan-Sekda-Bupati.jpg

Wabup Batu Bara Buka Rakorda SP 2020

Wabup Batu Bara Oky Iqbal Prima bersama kepala Dinas terkait dan pihak BPS Batu Bara foto bersama usai menandatangani kesepakatan saat Rakorda Sensus Penduduk 2020 di Aula Sudjiono Giatmo, Batu Bara, Selasa (18/2). Wabup Batu Bara Oky Iqbal Prima bersama kepala Dinas terkait dan pihak BPS Batu Bara foto bersama usai menandatangani kesepakatan saat Rakorda Sensus Penduduk 2020 di Aula Sudjiono Giatmo, Batu Bara, Selasa (18/2).

Batu Bara-andalas Wakil Bupati (Wabup) Batu Bara Oky Iqbal Prima mengatakan sensus penduduk merupakan upaya penyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk. Sensus Penduduk (SP) 2020 ini secara serentak dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Kabupaten Batu Bara.

"Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Batu Bara beserta Dinas Kominfo dan Disdukcapil akan melaksanakan Sensus Penduduk tahun 2020 dalam dua periode," kata Wabup saat membuka rapat koordinasi daerah (Rakorda) Sensus Penduduk (SP) tahun 2020 di Aula Sudjiono Giatmo, Kecamatan Air Putih, Batu Bara, Selasa (18/2).

Dikatakan, sensus penduduk 2020 yang di mulai pada 15 Ferbuari sampai 31 Maret 2020 adalah tahapan sensus penduduk secara online. Sedangka pada 1-31 Juli 2020 adalah tahapan sensus dengan cara wawancara.

Ia mengatakan, sensus penduduk yang dilaksanakan setiap sepuluh tahun sekali bertujuan untuk menghasilkan data kependudukan, yang nantinya data tersebut sebagai data dasar untuk membuat perencanaan di berbagai bidang.

Wabub menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Batu Bara khususnya para aparatur sipil negara (ASN) dan seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi langsung pada sensus penduduk online dengan mengisi data melalui link sensus.bps.go.id. "Pastikan kita semua tercatat," ujar Wabup.

Kepala BPS Kabupaten Batu Bara Gloria Ebenhaezer dalam sambutannya berharap rapat koordinasi daerah (Rakorda) SP 2020 dapat memacu kesadaran masyarakat untuk mendaftarkan diri dalam sensus penduduk secara online.

"Jadi sensus online ini bertujuan untuk satu data kependudukan Indonesia, dengan harapan data ini akan digunakan untuk kebijakan nasional dan daerah dalam melakukan pembanguban yang tepat sasaran," ujarnya.

Rakorda menghadirkan dua narasumber yakni Kepala Dinas Kominfo Batu Bara Andri Rahardian dan Kepala Disdukcapil Batu Bara Hamdan. Keduanya menyampaikan, pendataan dimulai dari penyediaan data dan pendukung data. Dinas Kominfo juga sudah mempunyai satu portal sebagai alat informasi publik. (PR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C