Log in

Ulama Sepuh Alwashliyah Galang Ulama Minta Audit Baznas Asahan

Buya Sorkam Butar-butar Buya Sorkam Butar-butar

Kisaran-andalas Ulama sepuh Alwashliyah, Buya Sorkam Butar-Butar menyatakan akan menggalang kekuatan tokoh ulama dari berbagai ormas Islam untuk menyampaikan permintaan audit Baznas Kabupaten Asahan, yang selama sembilan tahun tidak pernah diaudit.

"Kita akan sikapi hal tersebut dengan mengajak para tokoh ulama berdiskusi dan berdialog menyikapi soal itu,"ujar Buya Sorkam Butar-butar kepada wartawan di Kisaran, Selasa (7/07/2020).

Buya menyebutkan, akan mengumpulkan para tokoh agama dan masyarakat dalam waktu dekat ini. Karena soalnya, permintaan audit tersebut merupakan bentuk transparansi dalam penggunaan uang umat Islam tersebut.

Menurutnya, kebijakan tidak menjalankan kewajiban audit laporan keuangan di masa kepemimpinan Wakil Bupati Asahan, Surya, yang saat itu menjabat sebagai Ketua umum BAZNAS Asahan selama 4 tahun (2011-2014) sampai dengan masa vakumnya BAZNAS Asahan tanpa kepengurusan (2015-2019) menimbulkan tanda tanya besar.

Audit laporan keuangan oleh auditor publik diperintahkan oleh Undang-undang. Audit sangat perlu untuk transparansi. Apakah sesuai tepat sasaran yang dilakukan atau tidak. Makanya, sangat aneh kalau BAZNAS tidak pernah diaudit. Ini mengundang pertanyaan. "Curiga boleh, menuduh jangan,"ketus Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Alwashliyah Kabupaten Asahan ini.

Sorkam menegaskan, permintaan audit ini bukan mencari-cari borok. Tapi sebagai bentuk permintaan transparansi. Apalagi di masa BAZNAS vakum tanpa pengurus, umat perlu tahu ada tidak pencairan dana BAZNAS di luar kewenangan.

Soalnya, dari beberapa kabupaten daerah lain terungkap dari hasil audit, ternyata dana umat Islam ini bukan saja dicairkan tanpa bukti-bukti pertanggungjawaban, bahkan dipinjampakaikan kepada pihak ketiga. "Kita juga akan surati DPRD agar mendesak BAZNAS Asahan untuk dilakukan audit,"pungkasnya. (FAS)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C