Logo
Print this page

Tim Pemkab Padang Lawas Terus Bergerak Memburu Aset

BURU - Kabid Aset DPPKAD Kabupaten Padang Lawas, Sahrin Siregar saat berburu aset di SMKN 1 Barumun, diterima kepala sekolah, Mukmin Syaiful Daulay BURU - Kabid Aset DPPKAD Kabupaten Padang Lawas, Sahrin Siregar saat berburu aset di SMKN 1 Barumun, diterima kepala sekolah, Mukmin Syaiful Daulay

Sibuhuan,Sumatera Utara-andalas  Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Padang Lawas, melalui bidang aset terus memburu dan bergerak ke seluruh OPD dan sekolah untuk melaksanakan verifikasi dan validasi aset milik pemerintah.

Sekda Palas Arpan Nasution SSos memerintahkan DPPKAD Palas melalui bidang aset, untuk melaksanakan validasi daftar barang yang tidak diserahkan dari Pemerintah Kabupaten Palas kepada Pemerintah Provsu, yang ada di SMK Negeri 1 Barumun dan SMA Negeri 1 Barumun. Tujuan validasi untuk proses penghapusan barang milik daerah, paling lambat selama tiga hari terhitung mulai 19-21 September 2018, dengan melaporkan hasilnya secara tertulis.

Kabid Aset DPPKAD Kabupaten Palas Sahrin Siregar didampingi Kasubbag Pelayanan Inspektorat Palas, Helmi Gunawan Harahap, Senin (24/9), melalui telepon seluler mengatakan, kegiatan validasi menindaklanjuti laporan hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Provsu, atas sistem pengendalian intern dalam rangka laporan keuangan Pemkab Palas Tahun anggaran 2017 Nomor 67.BLHP/VII.MDN/07//2018.

Selain itu, kata Sahrin, pihaknya melaksanakan validasi aset berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016, tentang Peraturan Daerah serta Perda Kabupaten Palas Nomor 2 Tahun 2016 tentang tata kerja perangkat daerah, Perda Nomor 5 Tahun 2018 tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah.

"Kita melakukan pemeriksaan aset barang milik pemerintah daerah dalam bentuk benda bergerak dan tidak bergerak di sekolah ini, agar mengetahui kondisi sebenarnya apa masih dalam keadaan baik, kurang baik, rusak ataupun hilang agar terdata secara lengkap,"kata Sahrin di sela melakukan verifikasi aset di SMK Negeri 1 Barumun.

Dia menyebut, validasi aset sangat penting untuk percepatan data laporan aset tahun 2018, sehingga menjadi salah satu indikator penilaian BPK RI Perwakilan Sumut untuk memberikan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), karena laporan aset tertata secara lengkap sesuai dokumen.

Kasubbag Pelayanan Inspektorat Helmi Gunawan sependapat dengan Kabid Aset. Menurutnya, verifikasi atau validasi ini sangat perlu, karena dapat diketahui dengan jelas keberadaan aset pemerintah daerah di semua OPD maupun yang ada di sekolah-sekokah.

Kepala SMK Negeri 1 Barumun H Mukmin Saiful Daulay mengatakan, sangat mendukung kegiatan verifikasi dan validasi aset, karena menjadi pendorong keberhasilan daerah dalam penataan seluruh aset memiliki dokumen yang jelas dan tertata secara rapi ,sehingga memberikan kemudahan untuk diketahui seberapa banyak aset yang ada di masing-masing instansi maupun institusi.(ISN)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com