Log in

Soal Perizinan Investasi, Bupati Madina Siap Laksanakan Arahan Presiden

Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution saat mengikuti Rakornas Forkopimda yang dihadiri Presiden Joko Widodo di Sentul Bogor, Rabu (13/11). Bupati Madina Drs H Dahlan Hasan Nasution saat mengikuti Rakornas Forkopimda yang dihadiri Presiden Joko Widodo di Sentul Bogor, Rabu (13/11).

Madina-andalas Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs Dahlan Hasan Nasution mengapresiasi pidato Presiden Joko Widodo yang menginstruksikan kepala daerah untuk mempermudah investasi. Menurutnya, instruksi Presiden itu untuk menjawab tantangan perekonomian di masa depan.

"Menurut saya itu bagus. Pandangan Pak Presiden itu untuk menatap perekonomian kita ke depan. Jadi apa yang disampaikan beliau tadi tidak bisa ditawar-tawar. Itu harus segera dilaksanakan sesuai arahan Presiden," kata Dahlan saat menghadiri Rakornas Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Sentul, Bogor, Rabu (13/11).

Menurut Dahlan, selama ini persoalan birokrasi perizinan di daerah memang menghambat investasi. Untuk itu, Dahlan akan menata kembali mekanisme perizinan agar iklim investasi berkembang di Kabupaten Madina.

"Nanti soal perizinan investasi di daerah kami akan dipermudah. Memang harus dipermudah, tanpa kita permudah, tidak ada orang yang mau berinvestasi. Jujur selama ini di situ kelemahan kita," ungkapnya.

Di Kabupaten Mandailing Natal sendiri Dahlan tengah menyiapkan perkebunan nanas dan pisang untuk komoditas ekspor. Ia membaca peluang ekspor yang tinggi untuk kedua buah itu.

"Insyaallah ke depan akan hadir di Madina kebun nanas dan kebun pisang terbesar di dunia, sekaligus pabrik olahan kedua buah tersebut. Ini sebagai komoditas ekspor yang kini sedang kami persiapkan," jelasnya.

Pada Rabu (13/11), Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) antara Pemerintah Pusat dengan Forkopimda. Dalam pidatonya ia menyampaikan agar kepala daerah mempermudah izin investasi.

"Kalau di daerah ada investasi yang berorientasi ekspor, jangan banyak ditanya. Langsung beri izin. Tutup mata saja, langsung tanda tangan berikan izin," kata Jokowi yang disambut riuh tepuk tangan hadirin.

Jokowi juga menyampaikan perihal investasi yang sulit masuk ke Indonesia. Menurutnya hal itu akan berdampak kepada peningkatan defisit neraca perdagangan setiap tahun.

"Kenapa ini harus kita kejar, bertahun-tahun defisit neraca perdagangan tidak bisa diselesaikan karena investasi dan ekspor tidak bisa diselesaikan," ujarnya. (JBL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px