Log in

SMAN 2 Kabanjahe Siap Sambut Tahun Ajaran Baru dengan Protokol Baru

  Protokol kesehatan sudah menjadi budaya baru di tengah kesibukan pembagian buku paket kepada para siswa di SMAN 2 Kabanjahe.(Andalas/robert tarigan) Protokol kesehatan sudah menjadi budaya baru di tengah kesibukan pembagian buku paket kepada para siswa di SMAN 2 Kabanjahe.(Andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas SMA Negeri 2 Kabanjahe membagikan buku paket tahun ajaran baru 2020/2021 untuk persiapan pembelajaran daring (online), Kamis (16/07/2020).

Sekolah yang berada di Jalan Letjen Djamin Ginting Kabanjahe itu, selain mempersiapkan konten untuk melakukan MPLS secara online, juga membagikan buku secara bergiliran kepada para siswa. Infrastruktur standar protokol kesehatan juga sudah dipersiapkan agar proses Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) juga berjalan dengan lancar.

Terdapat sebanyak 14 buku yang diambil tiap siswa untuk digunakan selama masa belajar pada semester ini. "Di masa pandemi ini arahan dari Disdik Provsu untuk tidak melakukan pertemuan secara tatap muka. Makanya dalam pembagian buku, kita adakan rentang waktu bagi siswa," ujar Kepala Sekolah SMAN 2 Kabanjahe, Bastaria Sinulingga SPd MPd, saat ditemui di sekolah.

Bastaria Sinulingga menerangkan, dalam pengambilan buku juga diterapkan protokol kesehatan. “Seperti cek suhu sebelum masuk, memakai masker, dan mencuci tangan. Walau hanya sebentar di sekolah dalam pembagian buku, para siswa dan guru terlihat tertib mematuhi protokol kesehatan secara ketat,” jelas Sinulingga.

Pantauan andalas, beberapa siswa tampak berjalan membawa buku yang diambil dari perpustakaan. Sebelum memasuki perpustakaan, siswa juga mencuci tangan di depan ruangan perpustakaan. Protokol kesehatan sudah menjadi budaya baru di sekolah yang memiliki visi : Cerdas, Berprestasi, Berdisiplin, Beriman Dan Berbudaya Dalam Era Globalisasi.

Namun biarpun sudah mengambil buku-buku paket tahun ajaran baru 2020/2021 untuk persiapan pembelajaran dalam jaringan, biasa disebut dengan istilah daring atau belajar secara online menggunakan tekhnologi informasi, para siswa masih ‘bertahan’ di sekolah, berjumpa dengan teman-temannya, berselfi ria, bersenda gurau dan sesekali melihat ruang kelasnya seolah mengingat kenangan di sekolahnya. Walaupun akhirnya disuruh pulang juga oleh satpam maupun pihak sekolah.

Salah seorang siswi, Gloria Sola Gratia Br Tarigan yang sempat diwawancari andalas berharap pandemi Covid-19 segera berakhir agar proses pembelajaran tatap muka bisa dilaksanakan. “Kami rindu kembali sekolah, kami rindu memakai baju seragam sekolah, berjumpa dengan guru-guru dan juga teman-teman. Rindu tawa dan canda serta aktivitas belajar sekolah seperti sebelum ada Covid-19,”harap pelajar kelas XI MIPA 1 itu.

Sekolah Terbuka Berdiskusi Jika Siswa Alami Kendala

Salah seorang guru yang enggan menyebut namanya menyebutkan, sekolahnya membuat banyak kemudahan bagi siswa dan orang tua dalam belajar online. Pihak sekolah terbuka berdiskusi dengan orang tua, mencari solusi yang tepat bagi siswa yang mengalami kendala-kendala belajar daring. “Solusi yang dipilih haruslah seimbang agar tidak memberatkan semua pihak, baik siswa maupun orang tua,”katanya.

Bahkan, tadi ada orang tua pelajar yang menangis saat pembagian buku paket, alasannya tidak mampu beli handphone berbasis android. Pihak sekolah bergotongroyong membeli sebuah hp android untuk pelajar anak dari orang tua itu.

Dengan syarat, harus rajin dan tekun belajar. “Support dan pelayanan total bagi anak didik merupakan hal yang terpenting dalam situasi seperti ini, agar siswa tidak patah semangat meraih cita-citanya kelak. Sekolah juga harus hadir disaat orang tua mengalami kesusahan dalam menyekolahkan anaknya,” ucapnya.

“Di sinilah, mengapa pendidikan berbasis karakter dengan segala dimensi dan variasinya menjadi penting dan mutlak ditengah wabah pandemi ini, karena pendidikan berkarakter memiliki elemen penting dalam mengisi pembangunan,” pungkasnya. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C