Log in

Proyek Drainase Provsu Senilai Rp1 M Lebih di Palas Dikerjakan Asal Jadi

 Proyek pembangunan drainase Provinsi Sumut di Kabupaten Palas dikerjakan asal jadi dan terkesan amburadul Proyek pembangunan drainase Provinsi Sumut di Kabupaten Palas dikerjakan asal jadi dan terkesan amburadul

Sibuhuan-andalas Proyek pembangunan saluran drainase/gorong-gorong di lokasi jalan lintas Sibuhuan-Sosopan. Tepatnya, di Desa Paringgonan Julu, Kecamatan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas) diduga dikerjakan asal jadi alias amburadul.

Di lokasi terpajang papan plank Proyek Pemerintah Provinsi Sumut Dinas Bina Marga dan Bina Kontruksi UPT Jalan Jembatan Gunung Tua, sesuai nomor kontrak 602/UPTJJ-GT/DBMBK/KPA/230/SP/2020 tertanggal 18 Juni 2020, penyedia jasa CV Hikmah Jaya Bersama dengan nilai kontrak Rp1.200.000.000.00 (termasuk PPN) selama 150 hari kerja.

"Melihat pekerjaan saluran drainase atau gorong-gorong yang dikerjakan kontraktor CV Hikmah Jaya yang saat ini sedang berlangsung terkesan dikerjakan asal jadi dan kuat dugaan tidak sesuai bestek,"ungkap warga di sekitar Desa Paringgonan Julu .

Warga menyayangkan, pekerjaan pembangunan drainase banyak kejanggalan seperti pemasangan batu dengan campuran semen yang cukup tipis sehingga sangat mudah ambruk, Sabtu (4/7).

"Kalau dilihat dari pasangan batu yang cukup tipis ketebalannya, drainase atau gorong-gorong ini tidak bertahan lama karena kualitas pekerjaan dikerjakan asal jadi dan terkesan melenceng dari bestek yang telah ditetapkan,"beber Hasibuan, salah seorang warga sembari geleng-geleng kepala melihat kualitas pekerjaan draianse proyek Pemprovsu tersebut.

Menurut Hasibuan, jika diperhatikan secara teliti pasangan batu yang dikerjakan sangat mudah ambruk. "Apakah proyek ini tidak ada pengawasnya atau sengaja dilakukan pembiaran sehingga kualitas bangunan tidak memuhui standar kualitas yang baik,"ujarnya bertanya.

Penyataan sejumlah pekerja di lokasi kegiatan menjelaskan, ukuran tebal pondasi 30 cm, ukuran ketebalan di atas 20 cm sementara ketinggian melihat kondisi badan jalan. Para pekerja saat ditanya apakah proyek ini tidak ada pengawasanya ? Mereka menjawab, tidak ada di sni pengawasnya hanya mandor kerja yang setiap sorenya datang.

Sampai berita ini diturunkan, pihak pengawas proyek belum dapat dimintai konfirmasi karena sedang tidak berada di lokasi kegiatan pekerjaan pembagunan drainase atau gorong-gorong tersebut.(ISN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C