Log in

PPP Langkat Kecam Perilaku Peternak

Tampak bangkai babi terapung di Sungai Sei Wampu di Langkat. Tampak bangkai babi terapung di Sungai Sei Wampu di Langkat.

Bangkai Babi Dibuang ke Sungai Wampu

Tanjung Pura-andalas Babi mati ternyata juga dihanyutkan di Sungai Wampu, Kabupaten Langkat, diduga dibuang oleh pemiliknya sehingga menghebohkan dan meresahkan warga yang melintas dengan mempergunakan getek.

Isra Fansuri, salah seorang warga yang melihat langsung babi mati dihanyutkan di Sungai Wampu, Rabu (13/11) menceritakan, dirinya saat itu naik sampan getek sekitar Pukul 08.43 WIB, dari Kelurahan Bingai, terlihat banyak sampah sehingg getek sempat berhenti.

Lalu hanyut satu babi induknya dengan anaknya yang sudah mati sehingga keseluruhannya terlihat lima ekor. "Sebelumnya dari pengakuan pengemudi getek juga sudah terlihat babi yang hanyut sebanyak tiga ekor," katanya.

Tidak tertutup kemungkinan pada malam hari juga babi mati tersebut juga dihanyutkan ke Sungai Wampu. Hal ini harus menjadi perhatian aparat terkait.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Kabupaten Langkat Rahmad Rinaldi SE mengecam pembuangan bangkai babi yang diduga mati akibat virus hog cholera di Sungai Wampu. Hal itu akan menyebabkan pencemaran lingkungan berpotensi menimbulkan penyakit bagi masyarakat sekitar.

"Kita sangat kecewa atas perilaku peternak yang membuang bangkai babi dengan menghanyutkan ke Sungai Wampu. Sebab hal itu akan menyebabkan pencemaran lingkungan sehingga menyebabkan rusaknya ekosistem sungai maupun potensi penyakit bagi masyarakat sekitar," katanya.

Dengan kejadian tersebut, Rahmad Rinaldi meminta kepada Pemerintah Kabupaten Langkat melalui dinas terkait seperti dinas pertanian dan peternakan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk menindak tegas perilaku peternak yang sembarang membuang bangkai babi ke aliran Sungai Wampu.

"Perilaku peternak yang membuang bangkai babi ke sungai sudah menimbulkan keresahan bagi masyarakat sekitar. Karena itu kita minta Pemkab Langkat segera bertindak melakukan penanganan virus yang menyerang ternak babi tersebut," ujar Rahmad Rinaldi.

Rinaldi mengaku, pihaknya sudah banyak menerima laporan dari warga di sekitar daerah aliran Sungai Wampu atas adanya bangkai babi yang dibuang sembarang ke suangi tersebut.

"Saya selaku Ketua DPC PPP Kabupaten Langkat telah memerintahkan kader PPP yang duduk di DPRD Langkat untuk memanggil pihak terkait seperti Dinas Pertanian dan Peternakan, Satpol PP guna penanganan masalah ini," kata Rinaldi. (PUT/ANT)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px