Log in

Pertamina Peduli Salurkan CSR 10.000 Masker untuk Warga Terdampak Erupsi Sinabung

 Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, yang juga Dansatgas Penanganan Bencana Erupsi Sinabung bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Kapolres AKBP Yustinus Setyo Indriono saat menerima bantuan dari Pertamina Peduli.(andalas/robert tarigan) Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, yang juga Dansatgas Penanganan Bencana Erupsi Sinabung bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Kapolres AKBP Yustinus Setyo Indriono saat menerima bantuan dari Pertamina Peduli.(andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas PT Pertamina (Persero) melalui program Pertamina Peduli telah jalankan berbagai program sosial sebagai wujud kontribusi terhadap upaya penanganan dan pencegahan penyebaran Covid-19 maupun hadir disaat bencana erupsi Sinabung di Kabupaten Karo.

Bantuan Corporate Social Responsibility dari Pertamina Peduli itu disalurkan melalui Human Initiative berupa 10.000 masker kepada warga terdampak bencana erupsi Gunung Api Sinabung di empat kecamatan yakni, Kecamatan Naman Teran, Merdeka, Berastagi dan Kecamatan Dolat Rayat.

Joko dari Human Initiative menyebutkan, bantuan sosial tersebut berupa sebanyak 10.000 masker dengan rincian, sebanyak 5000 diserahkan kepada Posko Utama Penanganan Bencana Sinabung di Kantor Koramil 04/SE, Jalan Kiras Bangun, Desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Karo, Selasa (11/08/2020).
Selanjutnya, sebanyak 5000 lagi langsung dibagi-bagikan ke masyarakat terdampak di desa Sukandebi, desa Ndeskati, desa Naman, desa Gung Pinto dan desa Kutambelin. Bantuan lain, berupa rohto 10 kotak dan air mineral 100 kotak, khusus kepada petugas dan relawan dalam membantu masyarakat terdampak, katanya.

Abu erupsi Gunung Sinabung dapat menyebabkan gangguan pernapasan akut atau ISPA. Jadi pemakaian masker kepada warga terdampak sangat penting, sekaligus memutus penyebaran dan penularan Covid-19.

Joko mengemukakan hal itu saat penyerahan bantuan yang diterima langsung Dansatgas Penanganan Bencana Erupsi Sinabung yang juga Dandim 0205/TK, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto Ssos didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH dan Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono, SH, Sik, Plt Kalak BPBD Karo, Natanail Peranginangin, SH serta Armen Putra dari Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung.

Dansatgas Penanganan Bencana Erupsi Sinabung yang juga Dandim 0205/TK, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, mengapresiasi bantuan CSR Pertamina melalui program Pertamina Peduli.

"Mari kita berempati dan bergotongroyong, berlomba berbuat baik. Solidaritas sosial akibat kedua bencana ini sangat penting ditunjukkan untuk membangkitkan semangat saudara-saudara kita terdampak erupsi Sinabung," tegas Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto.

Pada kesempatan itu, Dandim 0205/Tanah Karo Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, Ssos, yang juga Dansatgas Penanganan Bencana Erupsi Sinabung, kembali menekankan agar masyarakat dan wisatawan tidak memasuki kawasan zona merah Gunung Sinabung. Radius 3 Km untuk sektor Barat-Selatan, radius 5 Km untuk sektor Selatan-Timur, radius 4 Km untuk sektor Timur-Utara dan radius 3 Km untuk sektor Utara-Barat dari puncak Gunung Sinabung.

Untuk diketahui, aktivitas Gunung Api Sinabung sampai saaat ini masih berstatus siaga (Level III) dalam artian aktivitas Sinabung masih cukup tinggi. "Masyarakat agar mewaspadai bahaya lahar dingin, terutama saat terjadi hujan di sekitar puncak demikian juga erupsi susulan. Potensi guguran awan panas, bisa kapan saja terjadi tanpa bisa dideteksi,” kata Dandim diamini Bupati Karo Terkelin Brahmana dan Kapolres AKBP Yustinus Setyo Indriono. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C