Log in

Perketat Pengawasan Proyek Cor Beton Jalan Medan-Berastagi

Proyek cor beton di beberapa ruas jalan Medan- Berastagi, Kabupaten Karo terlihat masih ada yang sedang dikerjakan namun ada juga yang sudah siap dikerjakan. Proyek cor beton di beberapa ruas jalan Medan- Berastagi, Kabupaten Karo terlihat masih ada yang sedang dikerjakan namun ada juga yang sudah siap dikerjakan.

Kabanjahe-andalas Berbagai elemen masyarakat meminta Balai Besar Penanganan Jalan Nasional (BBPJN) melalui Satuan Kerja (Satker) Metropolitan Medan maupun Pemprov Sumut agar lebih memperketat pengawasan pelaksanaan proyek cor beton di kiri kanan badan jalan nasional Medan-Berastagi.

Perbaikan di sepanjang jalan Medan-Berastagi hampir setiap tahun dilakukan di titk-titik tertentu, tapi mirisnya setiap tahun juga ada kerusakan jalan, mulai dari kerusakan ringan, sedang dan berat.

Hal itu diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Komite Eksekutif Badan Penelitian Aset Negara (BPAN) Lembaga Aliansi Indonesia Kabupaten Karo Sarjana Ginting kepada andalas ketika dimintai tanggapannya di Kabanjahe, Selasa (21/1).

Kendati diakuinya, kerusakan jalan juga dapat disebabkan beban jalan melebihi kualifikasi maupun akibat faktor lainnya. Mengingat kerusakan jalan itu penyebabnya begitu kompleks. Namun, pengawasan ketat terhadap pembangunan jalan, akan lebih menghasilkan kualitas jalan sesuai spesifikasi ditentukan.

"Cepatnya kerusakan jalan Medan-Berastagi selama ini, diduga karena lemahnya pengawasan, baik secara internal maupun eksternal. Sehingga pihak rekanan diduga mengerjakan proyek itu tidak memenuhi aturan sesuai bestek," kecamnya.

Seperti pelaksanaan bronjong penahan longsor di tebing jalan yang tidak tepat waktu siap dikerjakan, harusnya akhir Desember kemarin sudah siap dikerjakan rekanan namun sampai sekarang terlihat masih dikerjakan dilapangan.

“Nah yang saya soroti, kualitas bangunan agar tetap mengacu RAB, soal keterlambatan itu ada aturan yang harus dipenuhi sesuai mekanisme, dan ada denda, kalau memang betul dijalankan pihak Pejabat Pembuat Komitmen,” tegas Sarjana.

Demikian halnya, proyek cor beton di kiri kanan badan jalan, akan sangat membantu pengguna jalan, karena jalan Medan Berastagi sudah terlalu sempit dan seringkali terjadi kemacetan parah.

“Namun harusnya proyek itu (cor beton) tidak asal dikerjakan, PPK, Konsultan dan Pengawas dan pihak-pihak terkait lainnya agar betul-betul memperhatikan kualitas proyek sesuai RAB, supaya anggaran (APBN) milyaran rupiah untuk proyek itu tidak sia-sia,” kata Sarjana Ginting.

Selama ini, selain seringkali pengguna jalan melebihi kapasitas badan jalan maupun akibat drainase jalan yang tidak berfungsi maksimal. Seringkali pula rusak akibat rendahnya kualitas jalan. "Karena itu, konsultan dan pengawasan terhadap pelaksanaan perbaikan jalan mutlak ditingkatkan,” tegasnya.

Pengerjaan proyek negara khususnya untuk segala jenis kebutuhan termasuk pengadaan material sesuai anggaran yang ada diperuntukkan untuk kepentingan rakyat. “Nah, untuk itu semua pihak ikut mengawasi agar proyek itu tidak menjadi ajang bancakan oknum-oknum tertentu meraup keuntungan pribadi,” ucapnya.

 Pantauan wartawan, proyek penahan longsor maupun cor beton (pelebaran jalan) di beberapa ruas jalan dan pembersihan bahu kiri-kanan jalan terlihat masih sedang dikerjakan pihak rekanan. Namun ada juga sebagian di beberapa titik sudah siap dikerjakan. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C