Log in

Pemkab Samosir Fokus Kembangkan 8 Objek Wisata

Wisatawan memadati objek wisata Air Terjun Efrata di Kecamatan Harian. andalas/hotdonnaibaho Wisatawan memadati objek wisata Air Terjun Efrata di Kecamatan Harian. andalas/hotdonnaibaho

Samosir-andalas Pemerintah Kabupaten Samosir fokus membangun delapan destinasi wisata tahun 2019 ini dan pengoperasian dua unit bus pariwisata guna percepatan pengembangan pawisata daerah tersebut.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyebutkan, sektor pariwisata merupakan salah satu prioritas pengembangan ekonomi daerah, mengingat potensi alam dan budaya setempat yang amat besar.

“Kami prioritaskan pengembangan pariwisata 2019 ini. Pada tahap awal pembenahan delapan  destinasi dengan dukungan pengoperasian dua unit bus Pariwisata yang akan membawa wisatawan secara reguler,” kata Bupati kepada andalas melalui WhatsApp, Kamis (14/3).

Dikatakan, pihaknya telah mengalokasikan anggaran untuk pembenahan delapan destinasi tahun ini. Adapun ke delapan objek wisata itu antara lain, pembangunan coffee shop, kolam pemandian, perbaikan jalan setapak untuk memperindah dan pembagunan toilet ramah lingkungan di Air Terjun Efrata.

Kemudian, memperindah Kawasan Batu Hobon, Rumah Parsaktian si Raja Batak, lanjutan pembangunan water front city ibu kota Pangururan, lanjutan pembangunan objek Wisata Aek Natonang, lanjutan pembangunan objek wisata Pantai Indah Situngkir dan Pasir Putih Parbaba yang terintegrasi dengan pelabuhan Jetty Pariwisata.

Selanjutnya, pembangunan untuk memperindah kawasan menara Pandang Tele, pembangunan kawasan Geopark Kaldera Toba yang didukung dengan pengoperasian dua bus pariwisata secara reguler untuk mengunjunjungi objek-opjek wisata di Samosir.

Hanya saja, Bupati Rapidin tidak merinci berapa jumlah anggaran yang akan dialokasikan untuk pembagunan objek wisata tersebut. "Untuk mengenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari objek wisata, harus dilakukan pengembangan pariwisatanya. Kami mendukung Dinas Pariwisata yang menargetkan PAD dari retribusi objek wisata Rp1,5 M," jelas Rapidin.

Sebelumnya, Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir mengklaim sebesar Rp205.000.000 telah di dapat dari retribusi masuk objek wisata pada bulan Januari-Februari 2019. Sementara objek wisata penyumbang PAD terbesar Air Terjun Efrata. (HN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C