Log in

Pemkab Madina Peringati Hari Kesehatan Nasional

Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution dan unsur Forkopimda Madina foto bersama dengan tenaga kesehatan yang berprestasi di Taman Raja Batu, Rabu (20/11). Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution dan unsur Forkopimda Madina foto bersama dengan tenaga kesehatan yang berprestasi di Taman Raja Batu, Rabu (20/11).

20 Puskesmas Sudah Terakreditasi

Madina-andalas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mandailing Natal (Madina) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 di lingkungan perkantoran Bupati Payaloting Taman Raja Batu, Rabu (20/11).

Selain menggelar peringatan HKN ke 55, Dinkes Madina juga melaksanakan senam massal, donor darah, pememberian penghargaan bagi tenaga kesehatan yang berprestasi, dan juga dimeriahkan dengan pembagian lucky draw.

Selain di hadiri Bupati Madina Drs Dahlan Hasan Nasution, acara peringatan HKN ke 55 tersebut juga di hadiri unsur Forkopimda Madina, Ketua TP PKK Madina Ika Desiska Dahlan Hasan, seluruh OPD Pemkab Madina dan seluruh Puskesmas se-Madina.

Bupati Madina Dahlan Hasan Nasution di sela-sela acara mengungkapkan, saat ini ada lima isu strategis nasional di bidang kesehatan yang menjadi perhatian besama yaitu stunting, kematian bayi dan ibu melahirkan, imunisasi, tuberculosis paru serta penyakit tidak menular.

"Untuk itu saya mengajak semua elemen untuk saling mendukung demi pemberantasan masalah kesehatan ini. Saya juga berharap agar kegiatan HKN ini dijadikan sebagai ajang untuk mensosialisasikan kegiatan tersebut demi mewujudkan masyarakat Indonesia sehat," kata Bupati.

Bupati juga megimbau kepada tenaga kesehatan yang berada di rumah sakit pemerintah maupun swasta serta puskesmas agar memiliki komitmen untuk merubah sikap dalam melayani pasien dengan senyuman.

"Jangan kita melayani pasien dengan wajah cemberut, layanilah pasien dengan prima, baik dan lemah lembut agar pasien merasakan pelayanan yang baik, sehingga pasien pun tak merasa penyakitnya sudah sembuh," tandasnya.

Aebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Madina dr Syarifuddin Nasution dalam laporannya menyampaikan, dalam rangka meringati HKN ke 55 telah di laksanakan berbagai perlombaan seperti lomba kader teladan, Bidan desa terbaik, lomba balita sehat, lomba posyandu terbaik, lomba isi piringku dan lomba senam Gerakan Masyarakat (Germas).

"Disini perlu juga saya sampaikan, dari 23 Puksemas yang ada di Kabupaten Madina, alhamdulillah semua sudah terakreditasi, 20 Puskemas suratnya sudah turun dan 3 Puskemas lagi suratnya masih kita tunggu," kata Syarifuddin.

"Dari 20 Puskesmas yang suratnya sudah kita terima tersebut, 2 Puskesmas mendapat predikat Akreditas Utama, 13 Puskesmas mendapat predikat Akreditas Madya, dan 5 Puskesmas mendapat predikat Akreditas Dasar," lanjut Syarifuddi. (JBL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C