Log in

PBM Tingkat SMP di Samosir Dibagi Dua Kelompok

  Guru SMP Negeri 1 Nainggolan mengukur suhu para pelajar sebelum masuk kelas.(andalas/hotdonnaibaho) Guru SMP Negeri 1 Nainggolan mengukur suhu para pelajar sebelum masuk kelas.(andalas/hotdonnaibaho)

Samosir-andalas Hari pertama kegiatan belajar tatap muka tingkat SMP se-Samosir di masa pandemi Covid-19, yang dimulai Jumat (7/8/2020), berlangsung aman dan lancar dengan mengedepankan standar operasional prosedur (SOP) kesehatan seperti menyemprot disinfektan di kompleks sekolah.

Pantauan wartawan, ratusan siswa SMP Negeri 1 Nainggolan kembali bisa bertemu dengan para bapak dan ibu gurunya setelah lima bulan harus belajar di rumah akibat keganasan serangan wabah Covid-19.

Kendati posisi Kabupaten Samosir yang masuk ke dalam zona hijau, proses belajar tatap muka di ruangan kelas kembali, tetap diberlakukan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Sejak pagi hari, siswa SMPN 1 Nainggolan dengan menggunakan masker datang ke sekolah, mencuci tangan di westafel portable yang disediakan dan diperiksa suhu tubuh anak didik dengan alat thermogun, untuk memastikan siswa dalam keadaan sehat, yang suhu tubuhnya tidak lebih dari 37°c, diijinkan masuk kelas tetap menjaga jarak.

Pasca memasuki proses belajar mengajar (PBM) tingkat SMP di Kabupaten Samosir, di antaranya seperti di SMP Negeri 1 Nainggolan mulai hari ini, Jumat (7/8/2020) dimulainya PBM tatap muka, tampaknya berjalan dengan baik.

Hal ini terlihat para guru piket proaktif dengan protokol kesehatan seiring anjuran tegas dari pemerintah. Penegasan pemerintah itu dilakukan mulai dari pintu depan gerbang sekolah oleh guru piket dan wakil kepala sekolah kesiswaan, yang bertindak mengukur suhu dengan thermo gun dan dipastikan suhu di bawah 37°c. Kemudian cuci tangan pakai sabun dan kemudian baru diperbolehkan masuk ke ruang kelas.

Kepala SMPN 1 Nainggolan, Dra Rospita Sinaga mengatakan, sesuai dengan ketentuan dari pemerintah, maka standar protokol kesehatan secara ketat diterapkan dan sejauh ini berjalan dengan lancar.

Rospita menjelaskan, tahapan PBM disekolah yang dipimpinnya itu. Sesi pembelajaran dibagi dalam dua kelompok yaitu tahap I mulai pukul 07.30-10.00 WIB dan tahap II mulai pukul 11.00-13.30 WIB. "Sebelum masuk setiap sesi dipastikan ruangan kelas sudah bersih dan sudah disemprot disinfektan, sesuai protokol kesehatan," tegas Rospita.(HN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C