Log in

Nama Pimpinan DPRD Langkat Diusulkan ke Gubsu

Empat pimpinan definitif DPRD Kabupaten Langkat yang diusulkan ke Gubernur Sumatera Utara. Empat pimpinan definitif DPRD Kabupaten Langkat yang diusulkan ke Gubernur Sumatera Utara.

Stabat-andalas Sebanyak empat nama pimpinan definitif DPRD Kabupaten Langkat diusulkan ke Gubernur Sumatera Utara (Gubsu). Pengajuan ini melalui Rapat Paripurna DPRD Langkat dengan agenda usulan peresmian pengangkatan pimpinan DPRD Langkat yang digelar digedung DPRD Langkat di Stabat, Jumat (15/11).

Pengusulan empat nama pimpinan ini berdasarkan surat empat partai politik (Parpol) yang berhak menduduki pimpinan definitif DPRD Langkat yakni dari Partai Golkar, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, dan PAN.

Keempat nama itu adalah Surialam SE dari Fraksi Partai Golkar, Donny Setha ST dari Fraski Partai Gerindra, Ralin Sinulingga SE dari Fraksi PDI Perjuangan, dan Ir Antoni dari Fraksi PAN.

Pengusulan nama Surialam berdasarkan surat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar nomor R-1160/GOLKAR/IX/2019 tanggal 23 September 2019 perihal penetapan calon pimpinan definitif DPRD Langkat dari Partai Golongan Karya.

Pengusulan nama Donny Setha berdasarkan surat DPP Partai Gerindra Nomor 08-0400/Kpts/DPP-GERINDRA/2019 tanggal 26 Agustus 2019 tentang pimpinan DPRD Langkat. Nama Ralin Sinulingga bersadarkan surat DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Nomor 459/IN/DPP/IX/2019 tanggal 4 September 2019 perihal pengesahan dan penetapan calon Wakil Ketua DPRD Langkat.

Kemudian pengusulan nama Antoni berdasarkan surat DPP Partai Amanat Nasional Nomor PAN/A/Kpts/KU-SJ/040/VII/2019 tentang penetapan calon pimpinan DPRD Langkat dari Fraksi PAN periode 2019-2024.

Surialam yang saat ini menjabat Ketua Sementara DPRD Langkat saat memimpin rapat paripurna tersebut, mengatakan, pengusulan peresmian pengangkatan pimpinan definitif DPRD Langkat berdasarkan UU 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sesuai pasal 164 ayat (2) yang menyatakan bahwa pimpinan DPRD Kabupaten/Kota berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD.

"Berdasarkan surat KPU Kabupaten Langkat tanggal 11 Oktober 2019 bahwa hasil perolehan kursi terbanyak partai politik pada pemilihan umum 2019 adalah Partai Golkar, Partai Gerindra, PDI Perjuangan dan PAN,” terang Surialam.

Surialam juga mengatakan bahwa pengajuan penetapan calon pimpinan definitif ke Gubsu ini melalui Bupati Langkat guna diterbitkan surat keputusan (SK) peresmian dan pengangkatan pimpinan DPRD Langkat. Setelah SK diterbitkan maka akan dilakukan pengambilan sumpah dan janji sebagai pimpinan DPRD Langkat.

Hadir diacara rapat paripurna itu, Bupati Langkat diwakili Asisten Pemerintahan Drs Abd Karim MAP, Wakil Ketua Sementara DPRD Langkat Dedek Pradesa, perwakilan unsur Forkopimda Langkat, para kepala OPD, camat dan undangan lainnya. (DN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px