Log in

Maksimalkan Pelayanan Masyarakat, Bupati Taput Minta OPD Buat Website Sendiri

Bupati Taput Nikson Nababan bersama Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat memimpin rapat koordinasi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara di Aula Kantor Bupati Tapanuli Utara, Selasa (18/2). Bupati Taput Nikson Nababan bersama Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat memimpin rapat koordinasi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara di Aula Kantor Bupati Tapanuli Utara, Selasa (18/2).

Tarutung-andalas Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan meminta seluruh OPD dan kecamatan membuat website sendiri yang menggambarkan profil, potensi, tupoksi dan melayani pengaduan masyarakat yang bisa langsung di-tag pada pimpinan.

"Dinas Infokom menjadi pusat database, menjadi sentra, pusat pengaduan, pusat informasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Taput," kata Bupati saat memimpin rapat koordinasi yang menghadirkan seluruh asisten, ataf ahli, pimpinan OPD, dan pejabat eselon III di Aula Kantor Bupati Taput, Selasa (18/2).

Dikatakan, sesuai visi misi Pemkab Taput sebagai lumbung pangan, lumbung SDM yang berkualitas dan daerah wisata, harus disesuaikan dengan penganggaran di setiap instansi, sehingga semua mengacu kepada visi misi. Selain itu, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) setiap OPD, lanjutnya, harus rutin dilaporkan sehingga di akhir tahun bisa tuntas.

"Kita juga harus produksi makanan ciri khas Tapanuli Utara yang bisa dikenal di tingkat nasional maupun internasional, seperti coklat rasa durian atau rasa nenas. Kita harus kreatif dan inovatif untuk menunjang visi misi, jangan hanya melaksanakan pekerjaan rutin," pesannya.

Selain itu, Bupati juga menghimbau setiap kantor agar melakukan pelayanan maksimal, bukan hanya administrasi rutin. Setiap kantor harus memiliki ruang tunggu untuk pelayanan publik sehingga mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan dari pemerintah.

"Semua OPD sudah harus memasukkan surat ke Pemerintah Atasan minggu pertama bulan Maret tentang apa saja anggaran atau bantuan yang bisa kita datangkan ke Tapanuli Utara, seperti anggaran penguatan Lembaga Adat ada di Kementerian Sosial, yang selama ini tidak terpikirkan dan anggaran lainnya untuk disisir setiap OPD," sebutnya.

Untuk Dinas Pemuda Olahraga, lanjut Bupati, harus sudah mengangarkan pematangan lahan sport center sehingga upaya memasyarakatkan olahraga semakin maksimal, dan penjaringan bibit bibit unggul di bidang olahraga bisa dilakukan.

"Dalam upaya peningkatan pembangunan, PAD setiap instansi segera dikejar untuk mencapai target, bagi instansi yang tidak mencapai target, siap siap menerima sanksi," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Sarlandy Hutabarat menyisir permasalahan setiap OPD dan solusi yang harus diambil untuk percepatan dalam realisasi program pembangunan yang dicanangkan. (HOT)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px