Log in

Kunjungi Sanggar Tenun, DPRD Samosir Apresiasi Sinergi Kelompok dengan Pemerintah

  Anggota Komisi II DPRD Samosir, Russel Baringin Sihotang ngobrol dengan salah satu penenun di Sanggar Tenun Harungguan Anggota Komisi II DPRD Samosir, Russel Baringin Sihotang ngobrol dengan salah satu penenun di Sanggar Tenun Harungguan

Samosir-andalas Pimpinan dan Komisi II DPRD Samosir melaksanakan konsultasi dan koordinasi dalam rangka pengembangan dan pengelolaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang bergerak di bidang kerajinan tenun ulos di Desa Hutanagodang, Kecamatan Muara Kabupaten, Tapanuli Utara, Sabtu (11/07/2020).

Turut dalam kunjungan ini, perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Samosir. Kunjungan tersebut diterima Kepala Dinas Koperindag Kabupaten Taput, Marco Panggabean serta didampingi Kepala Desa Hutanagodang, Ketua Sanggar Tenun Harungguan, Gokma Siregar.

Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba menyampaikan terima kasih atas sambutan serta menjelaskan maksud dan tujuan dilaksanakannya kunjungan ke Sanggar Tenun ini. "Nantinya masukan dan ilmu yang didapat dari kelompok ini akan jadi bahan dalam membuat kebijakan untuk pengembangan UMKM khususnya bidang tenun ulos,"katanya.

Menurut Saut Martua, pengelolaan tenun ulos ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan menjaga warisan budaya leluhur dan tentunya untuk mengangkat nilai dan nama ulos ini menjadi Lebih berharga dan dikenal dunia.

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Samosir, Pardon ME Lumbanraja mengapresiasi atas sinergi antara pemerintah dan kelompok dalam mengembangkan UMKM ini. "Harapan kami nantinya melalui dinas terkait di Samosir, akan dapat mempraktikkan apa yamg kita Lihat di Sanggar Tenun Harungguan ini dan tentunya berkunjung ke sini dengan membawa kelompok tenun dari Samosir,"ujar Pardon ME.

Kadis Koperindag Taput, Marco Panggabean menjelaskan ulos yang ditenun terdiri dari berbagai jenis di antara ulos Harungguan, ulos sibolang, ulos bintang maratur, ulos marketer. Namun yang menjadi andalan untuk diproduksi yakni ulos Harungguan."Kita menenun ulos Harungguan karena harganya mahal dan diterima di mancanegara,"ujarnya.(HN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C