Log in

Kisruh Kepala Puskesmas Berastagi dengan Mayoritas Pegawai dan Tenaga Medis Berakhir

 Bupati Karo Terkelin Brahmana di sela makan siang bersama Ketua DPD Golkar Karo Ferianta Purba dan Jun Arif Bangun di salah satu rumah makan di Berastagi. Bupati Karo Terkelin Brahmana di sela makan siang bersama Ketua DPD Golkar Karo Ferianta Purba dan Jun Arif Bangun di salah satu rumah makan di Berastagi.

Berastagi-andalas Kisruh antara Kepala UPT Puskesmas Berastagi, dr Rahmenda Br Sembiring dengan mayoritas staf dan tenaga medisnya di tengah pandemi Covid-19 akhirnya menemui titik terang, setelah melalui proses panjang.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH tidak menolerir kisruh berkepanjangan yang sempat menyita perhatian publik di daerah wisata itu. Bupati Karo Terkelin menyebutkan, OPD terkait sebagai teknis sudah membuat kajian dan langkah sesuai regulasi dan aturan yang ada dalam menyikapi kisruh antara mayoritas pegawai dan tenaga medis UPT Puskesmas Berastagi dengan Kepala Puskesmas.

Hal itu diungkapkan Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Karo, Ferianta Purba SE yang juga anggota DPRD Karo bersama rekannya, Jun Arif Bangun, Kamis (06/07/2020) siang di Berastagi.

“Besok sudah kita pastikan Kepala Puskesmas Berastagi dr Rehmenda Br Sembiring tidak berdinas lagi sebagai Kepala Puskesmas Berastagi. Langkah ini sesuai standar operasional prosedur manajemen ASN yang dikaji oleh Dinas Kesehatan dan Badan Kepegawaian Daerah,” sebutnya.

Bupati menegaskan, mengakhiri kekisruhan yang tidak bisa ditolerir, sudah diinstruksikan ke pihak OPD terkait, karena tidak ada alasan di tunggu lebih lama lagi, mengingat masyarakat Kecamatan Berastagi sangat membutuhkan pelayanan kesehatan. "Apalagi di saat situasi dan kondisi sekarang kita sedang berjuang bersama-sama melawan wabah pandemi virus corona,"ujarnya.

Sementara, Ferianta Purba meminta, agar Bupati Karo segera menentukan langkah tegas dalam mendesak OPD terkait sebagai teknis regulasi untuk ambil sikap, mengakhiri konflik berbulan-bulan yang menyita perhatian publik. "Ketegasan Pemkab Karo dipastikan akan mengakhiri kekisruhan yang terjadi," katanya.

Ditambahkan tokoh pemuda Karo itu, setelah mendengar penjelasan bupati, pihaknya sangat mengapreisasi bupati yang peka dan merespon kuatnya desakan pergantian Kepala UPT Puskesmas dr Rehmenda Br Sembiring, akhirnya disetujui. “Kita berharap ke-35 staf dan tenaga medis segera berdinas untuk kembali melayani masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya juga diberitakan, 35 pegawai Puskesmas Berastagi dan anggota DPRD Kabupaten Karo menggelar rapat kerja dengan pihak-pihak terkait di lantai tiga gedung DPRD, Jalan Veteran Kabanjahe, Rabu (29/07/2020).

Rapat kerja dipimpin langsung Ketua DPRD Karo, Iriani Br Tarigan didampingi Wakil Ketua Sadarta Bukit SE MSi dan Davit Kristian Sitepu. Dari Pemkab Karo terlihat hadir Kepala BKD Tommy Heriko M Sidabutar AP, menghasilkan kesepakatan meminta kepada Bupati Karo agar secepatnya mengganti atau menarik Kepala Puskesmas Berastagi dari posisinya demi kelangsungan pelayanan ke masyarakat.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karo drg Irna Safrina Meliala MKes membenarkan, Kepala Puskesmas Berastagi dr Rehmenda Br Sembiring, besok (Kamis, 07/08/2020) akan ditarik ke Dinas Kesehatan dan akan diserahkan surat pembebasan tugasnya selaku Kapus.

"Sabar ya, yang penting besok, Jumat yang bersangkutan segera kita tarik sementara, dan sebagai pengganti Kapus Berastagi akan kita buat pelaksana harian (Plh) Kawal Maha Kabid Yankes," tutur irna.

Irna Safrina Meliala menekankan, sikap ini ditempuh sesuai dengan aturan regulasi yang berlaku dalam kalangan ASN, bukan karena adanya tekanan dan menggolkan kepentingan pihak lainnya. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C