Log in

Ketua DPRDSU, Bupati Karo, Kadis BMBK Sepakati Potong Tikungan Ekstrim Jalan Provinsi

  Ketua DRPDSU Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Ketua Komisi D DPRD, Anwar Sani Tarigan dan perwakilan Dapil XI (Karo, Dairi dan Pakpak Barat) Ingan Amin Barus sepakati sejumlah tikungan tajam di jalan provinsi di Sukanalu akan dipotong.(andalas/robert tarigan) Ketua DRPDSU Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana, Ketua Komisi D DPRD, Anwar Sani Tarigan dan perwakilan Dapil XI (Karo, Dairi dan Pakpak Barat) Ingan Amin Barus sepakati sejumlah tikungan tajam di jalan provinsi di Sukanalu akan dipotong.(andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas Ketua DRPD Sumut Drs Baskami Ginting, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, Ketua Komisi D DPRDSU Anwar Sani Tarigan dan perwakilan Dapil XI (Karo, Dairi dan Pakpak Barat) Ingan Amin Barus sepakati sejumlah tikungan tajam jalan provinsi Tongkoh–Barusjahe-Sinaman, akan dipotong dengan membebaskan lahan warga, Kamis (16/7/2020) sore di desa Sukanalu Kecamatan Barusjahe, Kabupaten Karo.

Turut hadir anggota Komisi D DPRD Sumut Ingan Amin Barus, Kepala Dinas Bina Marga dan Bina konstruksi (BMBK) Provsu, Ir HM Arman Effendy Pohan, Kepala Bappeda Karo Ir Nasib Sianturi MSi.

Ingan Amin Barus menyebutkan, jalan provinsi Tongkoh-Barusjahe–Sinaman, persis di tikungan Desa Sukanalu Kecamatan Barusjahe, kondisinya sangat berbahaya. Bila pengemudi kendaraan tidak ekstra hati-hati sangat riskan terjadi kecelakaan.

Pasalnya, sejumlah kendaraan besar seperti tronton memilih mencari jalur lain ketimbang harus melewati beberapa tikungan tajam di Desa Sukanalu. "Ditambah jalan yang sempit dan berkelok, maupun tikungan yang sangat tajam dan ekstrim, sehingga diperkirakan saat berselisih kendaraan roda empat di tikungan ini kerap terjadi kecelakaan jika supir tidak waspada," kata Barus.

Untuk antisipasinya, Ingan mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) agar ruas jalan baru dibuka dan dibangun. “Sehingga ruas jalan sebanyak tiga kali tikungan tidak dilewati lagi. Keuntungannya kendaraan besar sekalipun sudah dapat lewat dengan mulus, karena ruas jalan tidak lagi sempit dan tikungan tajam,” tuturnya.

Masalah pembebasan lahan, Ingan Amin Barus berjanji, akan berjuang untuk melakukannya. Namun demikian dia meminta Pemkab Karo membantunya, pada saat butuh komunikasi dan adminiterasi dengan masyarakat setempat.

Menyangkut pembebasan lahan untuk memotong sejumlah tikungan tajam, hendaknya menjadi perhatian serius semua pihak khususnya Pemkab Karo. Sebab, ini menyangkut kepentingan bersama dan pemerataan pembangunan infrastruktur jalan sangat vital, sehingga dalam pelaksanaanya nanti oleh Dinas BMBK Provsu tidak ada lagi kendala di lapangan.

Ketua DPRDSU Baskami Ginting dan Ketua Komisi D DPRD Anwar Sani Tarigan, menyatakan akan mendukung gagasan Ingan Amin Barus memotong sejumlah tikungan ekstrem untuk memuluskan jalur jalan yang nyaman dan aman bagi kendaraan yang melintas bagi sejumlah kabupaten. Hal itu akan berimplikasi kepada laju roda ekonomi lokal."Salah satunya akses jalan ditingkatkan dengan kemampuan segala kendaraan roda empat dapat lewat,"kata Baskami.

Pada kesempatan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana mengemukakan sependapat dengan sejumlah tikungan jalan provinsi di Desa Sukanalu. Ada beberapa titik tikungan tajam tidak digunakan lagi, apabila ada jalur baru dibuka dan dibangun," harapnya.

Pemkab Karo menyambut positif kunjungan lapangan itu bersama Dinas BMBK Provsu terhadap pentingnya pembangunan jalan provinsi ini kami ucapkan terima kasih. Pemkab sangat mendukung dan akan memfasilitasi terhadap masyarakat maupun lainnya."Semoga di tahun 2021 pembangunan jalan provinsi yang juga menjadi jalur alternatif Medan–Barusjahe–Dairi/Simalungun ini dapat tuntas sekaligus meningkatkan daya saing Kabupaten Karo,”kata Terkelin.

Sedangkan, Kadis Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK), HM Arman Effendy Pohan mengatakan, akan menganggarkan dana pembangunannya sepanjang ada dukungan dari pihak DPRDSU. Pun begitu, dia meminta agar pembebasan lahan yang terdampak segera diclearkan supaya dapat dibahas pada tahun 2020 ini dan tiba nanti waktu pengerjaanya tidak ada lagi kendala di lapangan.(RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C