Log in

Kebiasaan Baru Peringatan HUT RI, Pemkab Karo Ajak Warga Kibarkan Merah Putih 1-31 Agustus

 Usai pengukuhan Paskibra jelang HUT RI ke-74, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wabup Cory S Sebayang menyalami pelajar pengerek bendera di Jambur Pemkab Karo.(andalas/robert tarigan) Usai pengukuhan Paskibra jelang HUT RI ke-74, Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Wabup Cory S Sebayang menyalami pelajar pengerek bendera di Jambur Pemkab Karo.(andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas Pada masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung di Tanah Air, pemerintah menginisiasi kebiasaan baru dalam merayakan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 2020 termasuk di Kabupaten Karo.

Masyarakat diajak untuk berdiri tegap saat lagu Indonesia Raya berkumandang secara serentak di berbagai lokasi hingga pelosok daerah. Hal tersebut tertuang dalam Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemedekaan Republik Indonesia Tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Di dalamnya tertulis seluruh jajaran TNI dan Polri di setiap daerah akan membantu pelaksanaan kebiasaan baru tersebut di setiap daerah masing-masing. Ini akan dilakukan dengan memperdengarkan sirene atau suara penanda lain sesaat sebelum lagu Indonesia Raya berkumandang. Pemerintah berharap kegiatan dilakukan dengan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Seperti diberitakan sebelumnya, pemerintah telah membatalkan perayaan secara megah untuk memperingati kemerdekaan RI pada tahun ini. Pemerintah memutuskan banyak kegiatan akan dilakukan secara virtual.

Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH, Jumat (07/08/2020) sore, mengajak dan mengimbau masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih dari tanggal 1 Agustus sampai dengan 31 Agustus 2020. Bupati juga mengimbau masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid 19.

Menurut Bupati Karo, menyemarakan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten Karo memerintahkan seluruh kantor, instansi dan penduduk menaikan bendera merah putih dan memasang umbul-umbul.

Selain itu, Terkelin Brahmana juga mengharapkan agar seluruh aparatur sipil negara (ASN) yang ada di Kabupaten Karo menjadi contoh kepada masyarakat dengan mengibarkan bendera merah putih di setiap depan rumahnya.

“Hal itu dilakukan agar hari bersejarah bagi bangsa Indonesia itu kembali memantik nilai patriotisme untuk membangun semangat kebangsaan. Apalagi Kabupaten Karo dikenal sebagai basis pejuang NKRI. Jadi patut kita menyambut HUT RI walau masa-masa sulit sekalipun,” imbuh Terkelin Brahmana.

Kondisi saat ini antispasi penyebaran covid 19 mengharuskan pelaksanaan disiplin protokol covid. “Kita belum akan terbebas dari penyebaran covid jika obat dan vaksinya belum ditemukan. Karenanya pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan di setiap kegiatan. Amat penting dilakukan agar kita tidak terkotaminasi virus corona saat tanpa kita sadari ada di sekitar kita,” ujar Bupati Karo.

Perayaan hari ulang tahun kemerdekaan, lanjut Terkelin Brahmana, merupakan sebuah momentum memelihara nilai-nilai kebangsaan. Serta mengenang sejarah perjuangan bangsa agar diketahui generasi ke generasi.

“Namun karena masih dalam kondisi pandemi covid pelaksanaan upacara detik-detik proklamasi HUT ke-75 kemerdekaan RI akan dilakukan serentak seluruh Indonesia secara virtual,” kata bupati.

Hingga saat ini kita masih berperang melawan penyebaran Covid-19 yang membuat masyarakat harus beradaptasi dengan banyak kebiasaan baru. "Konsep perayaan HUT RI kali inipun dilakukan dengan lebih sederhana dan akan banyak aktivitas virtual yang dilakukan tanpa mengurangi makna kemerdekaan itu sendiri," tutur Terkelin. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C