Log in

Kasus Pengadaan Buku Rp2,4 M, Kadisdik Tebing Tinggi Dicekal

  Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi, Ranu Wijaya SH Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi, Ranu Wijaya SH

Tebing Tinggi-andalas Sejak ditetapkan sebagai tersangka kasus pengadaan buku panduan pendidikan SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) pada Dinas pendidikan Kota Tebing Tinggi Tahun Anggaran (TA ) 2020 sebesar Rp2,4 miliar, Selasa (15/9/2020).

Pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebing Tinggi mencekal tiga tersangka korupsi yaitu PS, oknum Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Tebing Tinggi, MP Kasi Kurikulum selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan EE, Kabid Dikdas selaku manajer dana BOS, untuk tidak bepergian.

Cekal tersebut diajukan ke Kejatisu dan seterusnya ke Kejagung agar ketiga tersangka dengan mudah diperiksa untuk kepentingan penyidikan terkait kasus pengadaan buku setelah ditetapkan sebagai tersangka.

Kajari Tebing Tinggi melalui Kasi Intel Kejaksaan Tebing Tinggi Ranu Wijaya SH melalui telepon selulernya, Rabu ( 16/9) mengatakan, kalau untuk sementara ini ketiga tersangka belum dilakukan penahanan, hal itu menunggu proses lebih lanjut.“Untuk saat ini belum kita lakukan penahanan terhadap ketiga tersangka ini, sebab ketiganya belum diperiksa sebagai tersangka,” jelas Ranu.

Namun lanjut Ranu, pihaknya akan melakukan proses cekal terhadap ketiga tersangka ini dengan tujuan agar nanti nya memudahkan proses pemeriksaan sebagai tersangka yang lebih efektif.

“Ya, kita memang akan melakukan proses cekal kepada ketiga tersangka untuk berpergian keluar kota atau pun keluar negeri, hal itu bertujuan agar nanti kami dapat dengan mudah melakukan proses pemeriksaan sebagai tersangka,” kata Kasi Intel Kejaksaan Tebing Tinggi.

Sejak ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi yang disampaikan Asisten Intelijen (Asintel) Kejatisu Dwi Setyo Budi Utomo SH MH didampingi Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Agus Sahat Lumban Gaol SH MH, oknum PS (Kadisdik Tebing Tinggi) MP, pejabat pelaksana teknik kegiatan (PPTK) dan EE Manajer BOS yang juga Kabid Dikdas Dinas Pendidikan Tebing Tinggi tidak terlihat hari ini di kantornya.

Bahkan, kantor yang sebesar itu terlihat sepi saja, hanya pegawai honorer dan staf yang tampak terlihat mondar mandir didalam kantor itu. Beberapa awak media terlihat menyambangi kantor Dinas Pendidikan yang letaknya tak jauh dari kantor Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi.

Dalam kasus dugaan korupsi tersebut, perbuatan para tersangka dikenakan dengan pasal 2 ayat 1 atau pasal 3 Undang Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 yang diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 jo pasal 56 ayat 1 KUHP. (SNI)

 

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C