Log in

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, Sosok Pemimpin Peka dan Peduli Masyarakat

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis saat menyambangi dan membantu warga kurang mampu Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis saat menyambangi dan membantu warga kurang mampu

Oleh Rudi Purnomo (Wartawan Harianandalas.com)

AKBP Ikhwan Lubis SH MH merupakan Kapolres ke-6, yang bertugas di Kabupaten Batubara sesuai TR Kapolri, Nomor : ST/3233/XII/Kep/2019, tetanggal 6 Desember 2019, yang dilantik Kapoldasu Irjen pol Martua Sormin di Aula Tribrata Mapoldasu 18 Desember 2019, dan menjalankan tugas berpedoman UU 2 Tahun 2002, tentang kepolisian negara republik Indonesia yakni sebagai aparat penegak hukum.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH MH, dikenal sebagai sosok yang peduli dengan keamanan dan ketertiban masyarakat sekaligus sebagai pelindung, pengayom dan pembina masyarakat. Polres Batu Bara membawahi empat Polsek di wilayah hukum Polres Batu Bara, terdiri dari 12 kecamatan dari 151 desa 10 kelurahan.

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis sejak 18 Desember 2019 yang lalu, dikenal dekat dengan masyarakat. Inovasinya sebagai kepala kepolisian telah mendekatkan dirinya kepada masyarakat yang diawali dengan kebijakannya membuka pagar Musholla Mapolres Batu Bara, sehingga masyarakat bisa shalat berjemaah bersama Kapolres dan jajaran.

Selain itu, untuk lebih mengetahui kondisi kamtibmas di wilaya hukum Polres Batu Bara, Kapolres AKBP Ikhwan Lubis setiap hari Jumat bersama Komunitas Sedekah Jumat (KSJ), memberi bantuan kepada kaum dhuafa dan anak yatim secara door to door. Hal ini pula yang membuat AKBP Ikhwan Lubis diberi penghargaan sebagai Kapolres pejuang kaum dhuafa.

Memasuki usia empat bulan bertugas sebagai Kapolres Batu Bara, AKBP Ikhwan Lubis dituntut kerja ekstra keras, karena secara nasional terjadi penyebaran wabah pandemi Coronavirus disease 2019 (Covid-19), secara masif.

Oleh sebab itu, AKBP Ikhwan Lubis selaku pelindung, pembina dan pengayom masyarakat dituntut untuk mampu melindungi dan mencegah masyarakat Kabupaten Batu Bara, supaya terhindar dari infeksi virus corona, bersama anggota di tingkat Polsek melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Kini, AKBP Ikhwan Lubis bersama anggotanya bekerjasama dengan jajaran pemerintah daerah dan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) sedang concern membangun desa-desa tangguh. Yakni, masyarakat tangguh dalam menghadapi bahaya penyebaran Covid-19 dan masyarakat tangguh melalui terwujudnya ketahanan pangan, sehingga angka kemiskinan dan pengangguran dapat ditekan di tengah pandemi Covid-19, yang belum diketahui kapan akan berakhir.

AKBP Ikhwan Lubis tak kenal lelah terus berupaya bersosialisasi perihal bahaya Covid-19 dan pentingnya disiplin dalam penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat. Hal ini dilakukan dengan cara rutin membagikan masker, hand sanitizer, serta melakukan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan mobil water canon, dan tidak mengenal waktu.

Kapolres Batu Bara Ikhwan Lubis juga tidak lupa memperlihatkan komitmen dan kepedulian sosialnya, dengan cara menyalurkan bantuan paket sembako kepada masyarakat yang terdampak ekonomi dengan situasi masih berlangsungnya penyebaran wabah pandemi Covid-19.

Situasi pandemi Covid-19 ini membuat Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis telah membentuk Desa Tangguh Tanggap Covid-19, yang telah dikunjungi Kapoldasu Irjen Pol Martua Sormin pada 30 Juni 2020 lalu di Desa Mangkai Baru, Kecamatan Lima Puluh.

Kehadiran Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH MH di Kabupaten Batu Bara benar-benar sangat dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat, sehingga kondisi kamtibmas di wilayah hukum Polres Batu Bara tetap aman, nyaman dan kondusif. Bravo Pak Ikhwan Lubis...!(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C