Log in

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis SH MH Berbagi Tanpa Memandang Suku, Agama dan Ras

Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, peduli dan rajin berbagi kepada semua warga Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, peduli dan rajin berbagi kepada semua warga

Laporan : Sutan Sitompul (Wartawan Harian andalas.com)

AKBP Ikhwan Lubis AH MH, merupakan orang ke-6 menjabat Kapolres Batu Bara, setelah Kabupaten Batu Bara mekar dari kabupaten induk Asahan. Kapoldasu irjen Pol M Sormin melantik AKBP Ikhwan Lubis AH MH, menjabat Kapolres Batu Bara pada 18 Desember 1019 lalu di Aula Tribrata Mapoldasu Medan bertugas TR Kapolri, Nomor : ST/3233/XII/Kep/2019, dan menjalankan tugas berpedoman UU 2 Tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia yakni sebagai aparat penegak hukum.

Keluarga AKBP Ikhwan Lubis termasuk keluarga yang berhasil. Di awal bertugas Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis menekankan penegakan disiplin. Dalam bertugas AKBP Ikhwan Lubis sangat menghargai personel yang berprestasi, ditandai dengan pemberian reward.

Setelah beberapa bulan bertugas, terlihat Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis memiliki jiwa sosial yang tinggi dan rajin bersedekah tanpa memandang suku, agama, ras dan antargolongan.

Mengingat wilayah hukum Polres Batu Bara termasuk dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan pelabuhan dan kawasan industri serta PT Inalum (Persero) yang berada di Kabupaten Batu Bara, maka Kamtibmas kondusif menjadi prioritas utama.

Masalah Kamtibmas yang kondusif sangat mendukung untuk mengundang para insvestor untuk berinvestasi di negeri bertuah Batu Bara, juga untuk memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat Batu Bara serta para tamu yang berkunjung ke Kabupaten Batu Bara.

Polres Batu Bara membawahi empat Kapolsek dengan wilayah hukum 151 Desa dan 10 Kelurahan, yang tersebar di 12 kecamatan se-Kabupaten Batu Bara. Dalam menciptakan Kamtibmas kondusif, Polres Batu Bara beserta jajaran berhasil mengamankan para pelaku tindak kejahatan dan pelanggar hukum lainnya, termasuk kejahatan narkotika.

Polres Batu Bara melalui berbagai cara dan pada setiap kesempatan terus mengingatkan "Tidak Ada Tempat Bagi Pelaku Kejahatan di Wilkum Polres Batu Bara".
Aksi tawuran antar remaja yang berulang terjadi di Tanjung Tiram Batu Bara dan sudah berlangsung cukup lama, akhirnya berhasil diredam setelah AKBP Ikhwan Lubis menjabat Kapolres Batu Bara.

Para tokoh masyarakat, tokoh agama dan pemuda memuji Kapolres Batu Bara serta mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis beserta jajaran.

Mantan Kapolres Belawan itu meneruskan rencananya membesarkan Komunitas Sedekah Jumat (KSJ) dengan membentuk Pengurus KSJ kabupaten Batu Bara diketuai Rizal Syahreza SE. Sebelumnya juga didirikan rumah singgah yang menyediakan makan gratis.

Setiap hari Jumat Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis bersama KSJ melaksanakan bakti sosial memberikan paket sembako kepada anak yatim dan kaum dhuafa. Pasca merebaknya coronavirus disease (Covid-19) yang terjadi setelah sekitar empat bulan menjabat Kapolres Batu Bara, AKBP Ikhwan Lubis bekerja ekstra keras, terutama perannya sebagai pelindung dan pengayom masyarakat.

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis beserta jajaran bekerjasama dengan KSJ beserta Bupati Batu Bara Ir H Zahir MAP saling bahu membahu memberikan bantuan paket sembako kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Kabupaten Batu Bara. Kegiatan bakti sosial pasca pandemi Covid-19 dilaksanakan hampir setiap hari.

Untuk meningkatkan peran KSJ di tengah masyarakat, pengurus KSJ di 12 kecamatan se-Kabupaten Batu Bara pun dibentuk dan dilantik. Kantor KSJ Kabupaten Batu Bara yang baru selesai dibangun baru-baru ini, telah diresmikan pemakaiannya oleh Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis bersama Bupati Zahir.

Peran Pengurus Cabang Bhayangkari Batu Bara dipimpin Ny Henny Ikhwan beserta Pengurus Ranting Bhayangkari se-jajaran juga sangat berperan dalam mendukung tugas Kapolres Batu Bara beserta jajaran. Pada beberapa kesempatan itu, Bupati Batu Bara Zahir secara tulus memuji dan memberikan apresiasi tinggi kepada Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis atas kegiatan sosial yang dilaksanakan selama ini.

Polres Batu Bara beserta jajaran melakukan penyemprotan disinfektan dan terus aktif menyosialisasikan bahaya Covid-19 kepada masyarakat dan membagikan masker, guna memutus mata rantai penyebaran virus corona yang melibatkan Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa di tingkat Polsek.

Selain rutin memberikan bantuan sembako kepada warga Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis juga memberikan bantuan kursi roda kepada warga yang membutuhkan dan membantu biaya perobatan bagi warga yang sakit dan tidak mampu. Melihat kenyataan di lapangan dan sulit diprediksi kapan virus corona akan berakhir dan munculnya kekhawatiran menipisnya stok pangan.

Untuk mengantisipasi hal itu Polres Batu Bara membentuk Desa Tangguh. Desa Mangkai Baru, Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batu Bara ditetapkan sebagai Desa Tangguh sebagai upaya menciptakan ketahanan pangan. Desa Mangkai Baru sebagai Desa Tangguh diresmikan oleh Kapoldasu Irjen Pol Martuani Sormin belum lama ini.

Selain terus melaksanakan bakti sosial, Kapolres Batu Bara dan jajaran melaksanakan kegiatan sosialisasi Adaptasi Kehidupan Baru (ADP). Dalam melaksanakan bakti sosial dan menyalurkan sembako Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis tidak memandang agama, suku, ras dan antargolongan (SARA).

Kegiatan bakti sosial dan sosialisasi Adaptasi Kehidupan Baru yang dilaksanakan Kapolres Batu Bara beserta jajaran sudah menjangkau semua pelosok desa se-Kabupaten Batu Bara.

Terhadap kinerja Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis dalam menciptakan Kamtibmas kondusif serta kegiatan sosial yang dilakukan secara berkesinambungan pasca pandemi covid-19, para wartawan yang tergabung dalam WAPPRES memberikan apresiasi tinggi serta dukungan kepada Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, ditandai dengan penyerahan plakat kepada Kapolres Batu Bara.

Rekan wartawan juga berterimakasih kepada Kaur Humas Polres Batu Bara Aiptu Ismunazir atas dukungannya kepada wartawan yang bertugas di Mapolres Batu Bara.
Pada setiap kesempatan Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis terus mengimbau warga yang berkemampuan untuk bersedekah dan bergabung bersama KSJ.

"Bersedekah itu berpahala. Bersedekah tidak akan membuat kita miskin. Bahkan, dengan rajin bersedekah Allah SWT akan menambah rezeki kita," itulah yang selalu disampaikan AKBP Ikhwan Lubis dalam berbagai kesempatan. Semogah berkah dan mendapat balasan dariNYA. Bravo AKBP Ikhwan Lubis SH MH.(**)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C