Log in

Kadis BMBK Provsu Jamin Perbaikan Longsor di Karo Selesai 2020

 Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Ketua DRPDSU Baskami Ginting, Ketua Komisi D DPRDSU Anwar Sani Tarigan dan Ingan Amin Barus bersama Kadis BMBK Sumut HM Arman Effendi Pohan tinjau longsor di jalan provinsi di Karo.(andalas/robert tarigan) Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Ketua DRPDSU Baskami Ginting, Ketua Komisi D DPRDSU Anwar Sani Tarigan dan Ingan Amin Barus bersama Kadis BMBK Sumut HM Arman Effendi Pohan tinjau longsor di jalan provinsi di Karo.(andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengapresiasi kinerja Pemprov Sumut Cq Dinas BMBK (Bina Marga dan Bina Konstruksi) Sumut yang begitu cepat tanggap melakukan perbaikan jalan provinsi jurusan Desa Tongkoh–Barusjahe, Kabupaten Karo (persisnya di Desa Basam) yang mengalami longsor beberapa waktu lalu.

Masyarakat sangat senang melihat cepat tanggapnya Dinas BMBK Sumut memperbaiki jalan yang longsor. Walaupun perbaikan sementara berupa penimbunan maupun pemasangan gorong-gorong melalui program pemeliharaan jalan Anggaran perbaikan longsor ini secara permanen terus kami kawal, mudah- mudahan di P APBD Provsu tahun 2020 semua clear dan dipaatikan pembangunan selsai.

Hal itu dikatakan Ketua DPRD Sumatera Utara bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH didampingi Ketua Komisi D DPRD SU Anwar Sani Tarigan dan perwakilan Dapil XI (Karo-Dairi dan Pakpak Barat) Ingan Amin Barus ketika melakukan survei lapangan jalan propinsi mulai dari Simpang Tiga Tongkoh Kecamatan Dolat Rakyat hingga meninjau lokasi longsor di Basam, Kamis (16/07/2020).

Juga terlihat hadir Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMK) Provsu Ir HM Arman Effendy Pohan dan Kepala Bappeda Karo, Ir Nasib Sianturi MSi. Merespon keluhan rakyat, Baskami Ginting mengaku siap mendukung pengalokasiannya di PAPBD Sumut 2020 maupun R-APBD Provsu 2021, karena pembangunan jalan alternatif yang menghubungkan Medan-Tigapanah-Dairi dan Simalungun ini sangat dibutuhkan masyarakat.

“Jalan alternatif ini sangat strategis bagi sejumlah kabupaten menghindari penumpukan arus kendaraan di kota wisata Berastagi, Kabanjahe dan Tigapanah,” kata Politisi PDI Perjuangan itu.

Namun, tandas Baskami Ginting, untuk tahap pertama dilakukan perbaikan metode pemeliharaan terhadap jalan yang longsor berupa penimbunan tanah dan membuat gorong-gorong, tentu bisa mengantisipasi kecelakaan maupun putusnya jalan, di P-APBD 2020 Provsu nanti perbaikan longsor akan dibuat permanen.

Pada kesempatan itu Bupati Karo Terkelin Brahmana, yang dikenal getol memperjuangkan sejumlah pembangunan infrastruktur jalan di daerahnya, baik jalur sejajar Medan–Berastagi, jalan alternatif Kabupaten Karo–Deli Serdang termasuk pembangunan peningkatan jalan provinsi, merasa puas atas kunjungan Ketua DPRDSU, Komisi D, dan Kepala Dinas BMK Provsu HM Arman Effendy Pohan.

“Semoga perbaikan longsor ini cepat selesai serta peningkatan dan pelebaran di sejumlah titik di jalan provinsi ini bisa tuntas di tahun 2021,” kata Terkelin Brahmana.

Hal yang sama ditegaskan Ketua Komisi D DPRDSU, Anwar Sani Tarigan didampingi Ingan Amin Barus, bahwa tahun 2020 ini harus tuntas pengerjaannya, kita dorong terus Dinas BMBK Provsu agar prioritaskan yang sudah kita tinjau ini.

Sementara Kepala Dinas Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Ir HM Arman Effendi Pohan, membenarkan untuk perbaikan pengerjaan longsor di jalan provinsi itu baru dapat dikerjakan sesuai anggaran di P-APBD Sumut.

Arman Effendi Pohan mengaku, tahun 2020 ini kita jamin sudah siap dikerjakan lokasi longsor ini, sesuai anggaran, kalau tidak salah dananya ada sekitar Rp 2 miliar akan ditampung. “Iya, jalan provinsi yang menghubungkan Medan–Tigapanah-Dairi dan Simalungun ini sangat strategis,”sebut Pohan.(RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C