Log in

Kabupaten Tapsel Miliki TPA Senilai Rp 12 Miliar

 Perwakilan Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR RI dihadiri staf BMN bersama Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu saat penyerahan fasilitas BMN   . Perwakilan Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR RI dihadiri staf BMN bersama Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu saat penyerahan fasilitas BMN .

Tapsel-andalas Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) ke depan ini dipastikan akan dapat mengatasi permasalahan sampah dengan telah dibangunnya Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) senilai Rp12 miliar di Desa Marsada, Kecamatan Sipirok.

Diketahui, fasilitas Barang Milik Negara (BMN) diserahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI kepada Pemkab Tapsel belum lama ini di Sipirok.

Penyerahan itu dihadiri perwakilan Dirjen Cipta Karya, Kementerian PUPR RI yang dihadiri staf BMN atas nama Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (BPPWSU), Doni Suhardana bersama Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu. Bupati Tapsel, Syahrul mengatakan akan memanfaatkan TPA itu.

“Pembangunan TPA bersumber dana dari APBN, berada di atas tanah milik Pemkab Tapsel dan telah sesuai dengan tata ruang Kabupaten Tapanuli Selatan dan segera dimanfaatkan karena masyarakat sudah sangat membutuhkan keberadaan TPA yang telah dibangun,” terang Syahrul, kemarin.

Menurutnya, dengan adanya fasilitas TPA Sipirok itu akan sangat mendukung upaya Pemkab Tapsel dalam kerangka mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera, sesuai dengan visi misi pihaknya.

Fasilitas TPA Sipirok memiliki block land fill yang akan menghasilkan cairan dan dialiri dengan sistem gravitasi menuju kolam Instalasi Pengolahan Limbah (IPL). Di dalam kolam IPL, air permukaan dari sampah, terlebih dulu distrerilkan sebelum dibuang ke badan air, guna menghindari pencemaran.

TPA Sipirok yang selesai dibangun 2019 lalu juga dilengkapi dengan jembatan timbang. Fungsinya, untuk mengetahui berapa tonase sampah yang masuk setiap harinya.

Dan dengan adanya hitungan itu, diharapkan dapat membantu pengelola mengendalikan dan merencanakan mengembangkan TPA ke depan. Potensi pengembangan masih terbuka, karena Pemkab Tapsel sejak awal telah menyediakan lahan seluas 5 hektar di lokasi TPA yang telah dibangun. “Sementara yang dipakai saat ini baru seluas 3 hektar saja,” sebut Syahrul.

Sementara itu, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Utara (BPPWSU), Safriel Tansier di Medan mengimbau dan berharap agar Pemkab Tapsel benar-benar bisa menjaga keberadaan TPA itu.

“Dengan keberadaan fasilitas yang kita berikan kami berharap Pemkab Tapsel dalam memanfaatkannya dengan baik dalam menjaga kelestarian alam,” ujar Syafriel, Jumat (14/8/2020).

Menurutnya, keberadaan TPA ini dapat membantu Pemkab Tapsel dalam mengelola sampah di daerahnya. “Seperti niat yang dikatakan pak Bupati kita harap program untuk menciptakan kehidupan warga yang sehat, cerdas dan sejahtera segera terwujud,” pungkasnya. (DA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C