Log in
Wakapolda-SUMUT-v2.jpg

DPRD Dairi Jadwal Ulang RDP Terkait Mutasi ASN

Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani

Sidikalang-andalas DPRD kabupaten Dairi akan menjadwal ulang Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pemkab Dairi terkait mutasi Aparatur Sipil Negara (ASN). Awalnya RDP direncanakan pada Senin (17/2), namun karena  kesibukan penyelenggaraan ujian CPNS, Pemkab Dairi meminta RDP diundur.

“DPRD telah menyurati Bupati untuk penyelenggaraan RDP yang dijadwalkan pada Senin (17/2), namun urung dilakukan setelah surat balasan tertanggal 11 Februari 2020, eksekutif berhalangan karena kesibukaan seleksi CPNS," kata Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Senin (17/2).

“Akan ada rapat program kerja DPRD, maka dalam rapat dimaksud akan dibicarakan kapan RDP akan digelar, tentunya setelah ujian CPNS berakhir," tambah Sabam.

Diterangkan, RDP dilaksanakan untuk meminta penjelasan Pemkab Dairi terkait mutasi ASN, diantaranya dasar pencopotan, penurunan jabatan yang dialami sejumlah ASN. RDP akan dilaksanakan lintas Komisi dan semua anggota dewan akan diundang.

Sabam menyebut, rapat dengar pendapat merupakan tindak lanjut dari rekomendasi pimpinan sementara DPRD, yang pada saat peralihan pimpinan sementara kepada pimpinan defenitif, merekomendasikan agar menyikapi aspirasi ASN dan puluhan kepala sekolah yang dicopot dari jabatan.

Demikian juga aspirasi yang diterima dari mantan pimpinan OPD yang dinonjobkan. Disebutkan, pencopotan merupakan hukuman berat bagi seorang PNS, sementara  mereka yang  dicopot  merasa tidak melakukan pelanggaran, dan tidak pernah mendapat tegoran.

Sabam mengaku seseorang bisa dimutasi sampai dua kali tempo kurang dari 60 hari. "Dasar penilaian seperti apa? Banyak juga ASN dikenai penurunan jabatan dari kepala bidang menjadi kepala seksi. Ini patut dipertanyakan," ujarnya.

Sabam membenarkan bahwa mutasi ASN di Pemkab Dairi memang hak Bupati, tapi musati juga harus dilakukan berdasarkan aturan dan peraturan yang ada. “Ada mekanisme dan acuan," sebutnya. (GOL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C