Log in

Dinas PU Bersihan Jalinsum dari Material Lonsor

Dinss PU Provinsi dan Dinas PU Palas dibatu personel Polres Palas dan Koramil Sosopan, tampak melaksanakan pembersihan badan jalan yang tertimbun longsor di sejumlah titik Jalinsum Sosopan. Dinss PU Provinsi dan Dinas PU Palas dibatu personel Polres Palas dan Koramil Sosopan, tampak melaksanakan pembersihan badan jalan yang tertimbun longsor di sejumlah titik Jalinsum Sosopan.

Pasca Longsor di Sosopan

Sibuhuan-andalas Pasca banjir dan longsor yang melanda Jalinsum di Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Dinas PU Bina Marga Provisi Sumut dan Dinas PU Palas melakukan pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan.

Pantuan di lapangan, Jumat (14/2), menyusul banjir dan longsor yang mengakibatkan arus transportasi melalui Jalinsum jalur Sosopan terputus total. Pasalnya, sejumlah badan jalan tertutup tanah dan jembatan putus total di Desa Hulim.

Menerima laporan masyarakat dan pemerintah Kecamatan Sosopan, Sekdakab Palas Arpan Nasution secara langsung melihat kondisi Jalinsum yang tertutup tanah akibat longsor. "Dinas PU Provinsi dan Palas telah melakukan pembersihan material longsor yang menutupi badan jalan," katanya.

Camat Sosopan Paruhuman Harahap mengatakan, terdapat di beberapa titik longsor sampai menutupi badan jalan termasuk di Desa Tanjung Kecamatan Ulu Barumun, Hutabargot, Siundol Dolok, Aekbargot, Uluaer hingga Desa Hulim Kecamatan Sosopan.

"Begitu juga sejumlah titik longsor dari batas Padanglawas Utara hingga ke ibu kota Kecamatan Sosopan," terangnya. Paruhuman menambahkan, kini badan jalan yang tertutup tanah sudah mulai bisa dilalui kenderaan. Namun jembatan di Desa Hulim yang putus masih belum bisa dilalui bus maupun kendaraan roda empat.

Agar akses transportasi lalu lintas tidak lumpuh akan diupayakan sesegera mungkin untuk dibangun jembatan darurat sehingga sepeda motor dan lalu lintas warga tidak terganggu. "Khusus kendraan roda empat dan mobil pribadi, masih belum dapat melintas karena membutuhkan waktu untuk mencari material batang kelapa serta terjamin kekuatannya," ungkap Camat.

Kegiatan pembersihan badan jalan dari material longsor juga melibatkan personil Polres Palas, unsur pemerintahan kecamatan setempat serta anggota Koramil 09 Sosopan dan masyarakat sekitar. (ISN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C