Log in

Dharma Wanita Binjai Sosialisasi Minim Sampah Rumah Tangga

Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kota Binjai Lisa Andriani Idaham didampingi Ketua Dharma Wanita Erni Mahfullah meninjau donor darah dalam rangka rangkaian peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan Kota Binjai tahun 2019. Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kota Binjai Lisa Andriani Idaham didampingi Ketua Dharma Wanita Erni Mahfullah meninjau donor darah dalam rangka rangkaian peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan Kota Binjai tahun 2019.

Binjai-andalas Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kota Binjai Hj Lisa Andriani Idaham didampingi Ketua Dharma Wanita Erni Mahfullah, secara resmi membuka kegiatan sosialisasi minim sampah rumah tangga, donor darah dan pengobatan gratis. Sosialisasi ini rangkaian peringatan HUT ke-20 Dharma Wanita Persatuan Kota Binjai tahun 2019 di Aula Kantor Camat Binjai Barat, Kamis (12/12).

Dikesempatan itu, Lisa berpesan kepada seluruh anggota Dharma Wanita untuk mulai membiasakan menjaga lingkungan dan pola hidup sehat, dengan memilah sampah rumah tangga. Membiasakan membawa botol minuman kepada anak dan seluruh anggota keluarga.

Lisa yang juga Ketua TP PKK Kota Binjai meminta kepada semua unit kerja untuk selalu menyediakan dispenser di setiap ruangan di masing-masing kantor, sehingga membiasakan staf dan karyawan untuk membawa botol minuman dari rumah. Dengan demikian secara tidak langsung telah membantu mengurangi sampah botol minuman siap saji.

"Di masing-masing unit kerja bangun bank sampah. Ajarkan anak-anak kita sedini mungkin untuk membiasakan memilah sampah," pinta Lisa.

Menambahkan, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Binjai, Erni Mahfullah, mengatakan bahwa puncak peringatan HUT Dharma Wanita ke-20 akan dilaksanakan pada 19 Desember mendatang.

"Di HUT ke-20 ini tentunya masih banyak perubahan yang harus kita benahi. Sosialisasi memilah sampah merupakan pilihan dari pusat. Semoga semua peserta sosialisasi dapat menerapkan memilah sampah yang di mulai dari keluarga, lingkungan, dan unit kerja," harap Erni.

Debby Lestari selaku narasumber, menjelaskan bahwa selama ini sampah rumah tangga yang dibuang di tong sampah berakhir di Tempat Pembungan Akhir (TPA) sampah. Setiap harinya sebanyak 85 sampai 100 ton sampah seluruh masyarakat Binjai di angkut ke TPA.

Ada tiga hal yang sebaiknya dilakukan ibu rumah tangga agar dapat minim sampah, diantaranya, mulai memilah sampah. Bedakan sampah organik, non organik, dan residu. Mulailah mengurangi kebiasaan menggunakan produk sekali pakai.

Adapun beberapa rangkaian HUT ke-20 Dharma Wanita, antara lain lomba pemanfaatan dan kreasi daur ulang sampah rumah tangga yang diikuti seluruh anggota Dharma Wanita, donor darah, pengobatan gratis, dan sosialisasi minim sampah rumah tangga. (DED)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C