Log in

Bupati Palas Minta Kasek Berinovasi Majukan Pendidikan

Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap saat membuka rapat kerja jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palas di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan. Bupati Padang Lawas Ali Sutan Harahap saat membuka rapat kerja jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palas di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan.

Sibuhuan-andalas Bupati Padang Lawas (Palas) H Ali Sutan Harahap menegaskan kepala sekolah (kasek) harus memiliki inovasi untuk mendorong kemjauan dunia pendidikan sehingga menghasilkan peserta didik berkualitas di daerah Kabupaten Palas.

"Sebesar 20 persen anggaran daerah dialokasikan untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Aggaran sebesar itu diharapkan memberi kontribusi memajukan pendidikan yang lebih baik," kata Bupati saat membuka rapat kerja dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas di Aula Hotel Syamsiah Sibuhuan, Kamis (23/1).

Bupati yang akrab dipanggil Tongku Sutan Oloan (TSO) berharap, melalui rapat kerja tersebut dapat memacu pengelolaan anggaran yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan. Para kepala sekolah juga diminta agar mengelola dana bantuan operasional sekolah (BOS) dengan benar.

"Bagi kepala sekolah yang tidak mampu mengelola keuangan dan dana bantuan operasional sekolah dengan benar, sebaiknya mengundurkan diri dari jabatan kepala sekolah," tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Palas Rosidawati Suriani Pulungan mengatakan, melalui raker ini para kepala sekolah dapat membuat laporan pengelolaan dana BOS tepat waktu sesuai peruntukan dan tidak menyakahi aturan dan ketentuan yang telah ditetapkan.

"Khusus bagi kepala sekolah yang baru menjabat, jangan segan-segan untuk berkordinasi kepada kepala sekolah yang lama ketika menghadapi hambatan dalam membuat laporan," kata Rosidawati.

Panitia raker, Rasyidi Hasibuan memaparkan, peserta raker berjumlah sekitar 200 orang terdiri dari kepala sekolah TK, SD, dan pengawas sekolah. "Kepala sekolah baik tingkat TK, SD maupun SMP harus memahami tugas dan aturan pendidikan," katanya.

Hadir dalam acara itu, Wakil Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu, Sekda Palas Arpan Nasution, Ispektur Harjusli Fahri Siregar, Asisten III Setdakab Palas Ali Irfan Hasibuan, Staf Ahli Bupati Abdullah Nasution, Plt Kaban Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Trianta, Kabag Hukum Agus Saleh Syahputra Daulay, dan Kabid Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Palas. (ISN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C