Log in

Bupati dan Ketua DPRD Karo Tanggapi Pidato Presiden Jokowi, Optimis Lewati Masa Sulit

 Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Ketua DPRD Iriani Br Tarigan menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Karo, untuk mendengarkan tiga pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo secara live melalui layar monitor TV dari ruang rapat utama gedung DPRD.(andalas/robert tarigan) Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Ketua DPRD Iriani Br Tarigan menghadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Karo, untuk mendengarkan tiga pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo secara live melalui layar monitor TV dari ruang rapat utama gedung DPRD.(andalas/robert tarigan)

Kabanjahe-andalas Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH menghadiri rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Karo, untuk mendengarkan tiga pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo secara live melalui layar monitor TV dari ruang rapat utama Gedung DPRD, Jalan Veteran Kabanjahe, Jumat (14/08/2020).

Tiga pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden RI yang mengenakan baju sabu atau pakaian adat dari Nusa Tenggara Timur tersebut, yakni dalam rangka sidang tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) tahun 2020.

Kemudian dalam rangka HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020, dilanjutkan dengan penyampaian nota pengantar atau keterangan pemerintah atas Rancangan Undang Undang (RUU) tentang APBN Tahun Anggaran 2021 beserta nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

Rapat paripurna istimewa di tengah pandemi Covid-19 itu, dipimpin langsung Ketua DPRD, Iriani Br Tarigan itu, juga terlihat dihadiri Dandim 0205/TK Letkol Kav Yuli Eko hadiyanto SSos, Kajari Karo Denny Achmad SH MH, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono Sik SH, Wakil Ketua dan anggota DPRD Karo, segenap jajaran eksekutif dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Presiden mengatakan, mewabahnya Corona virus Disease 2019 (Covid-19), harus dimaknai dengan pembelajaran untuk melakukan lompatan kemajuan sebagai bangsa dan negara. Hasilnya, melalui pandemi seluruh pemangku kepentingan dapat berpikir secara inovatif dari prosedur yang panjang menjadi lebih singkat.

"Jangan menyia-nyiakan pelajaran yang diberikan oleh krisis. Jangan biarkan krisis membuahkan kemunduran. Justru momentum krisis ini harus kita bajak untuk melakukan lompatan kemajuan," ujar Presiden Joko Widodo pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD.

Krisis ini telah memaksa kita untuk menggeser channel cara kerja. Dari cara-cara normal menjadi cara-cara ekstra-normal. "Dari cara-cara biasa menjadi cara-cara luar biasa," katanya.

Pasca mendapatkan pelajaran yang berharga tersebut, lanjut Presiden, seluruh komponen dari pemerintah hingga masyarakat bergerak cepat dalam melakukan reformasi fundamental. “Tujuannya, menyesuaikan diri dengan perkembangan dunia yang terjadi saat ini yang sedang kesulitan akibat ulah virus Covid-19,” sebut Jokowi.

Sementara, Bupati Karo menyambut baik pidato kenegaraan Presiden Jokowi, yang memberi pesan optimis melewati masa-masa sulit ini. "Dengan adanya Sidang Tahunan MPR ini, pemerintah daerah dapat melihat dan mendengar apa kebijakan pemerintah pusat terkait program Indonesia Maju, sehingga dapat menjadi informasi, langkah konkret dan barometer dalam penerapan menjalankan roda pemerintahan di daerah," kata Terkelin Brahmana.

Senada, Ketua DPRD Karo Iriani Br Tarigan, saat memimpin sidang paripurna dalam nonton bareng (Nobar), Sidang tahunan (MPR RI) tahun 2020 mengatakan, inilah momen kita mendengarkan permasalahan dan kebijakan yang disampaikan pemerintah pusat, sebagai kenyataan riil yang harus kita sikapi.

Ketika disinggung pidato Presiden RI, Iriani Br Tarigan mengapresiasi karena memberi spirit kepada kita semua bahwa semangat optimisme bangsa ini dalam menghadapi pandemi Covid-19 harus tetap dijaga dan dibarengi dengan tetap berupaya menangani Covid-19 termasuk pemulihan ekonominya.

“Terkhusus daerah kita yang sedang menghadapi dua bencana sekaligus, Covid-19 dan erupsi bencana Sinabung, kita harus bergotongroyong dan membangun solidaritas, di samping tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan," ujarnya. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C