Log in

Bupati Batu Bara: Dana Desa Tidak Boleh untuk Bimtek

Bupati Batu Bara Zahir saat menjadi inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional di lapangan Kelurahan Limapuluh, Batu Bara, Senin (17/2). Bupati Batu Bara Zahir saat menjadi inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional di lapangan Kelurahan Limapuluh, Batu Bara, Senin (17/2).

Batu Bara-andalas Bupati Batu Bara Zahir mengingatkan bahwa anggaran Dana Desa tidak diperbolehkan digunakan untuk kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) atau pelatihan bagi perangkat desa. Para kepala desa juga diingatkan jangan mengganti perangkat desa sebelum tiga bulan.

"Tahun 2020 ini adalah tahun prestasi Pemerintah Kabupaten Batu Bara. Karenaa itu, saya ingatkan, dana desa tidak boleh digunakan untuk bimtek-bimtekm" kata Zahir saat menjadi inspektur upacara Hari Kesadaran Nasional di lapangan Kelurahan Limapuluh, Batu Bara, Senin (17/2).

"Selain itu, tahun ini juga tidak ada untuk penyertaan modal untuk BUMDes di desa, tetap penyertaan modal untuk BUMDes bersama di kecamatan yang ada," lanjut Bupati Batu Bara.

Zahir menegaskan, masa-masa maffing, perencanaan dan kerja pada tahun 2019 sudah berlalu. Karenanya pada tahun anggaran 2020, dirinya mencanangkan sebagai tahun kerja dan prestasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Batu Bara.

“Untuk itu saya pesan kepada seluruh kepala desa jangan mengganti perangkat desa sebelum tiga bulan. Selain itu setiap pengganti perangkat desa harus berdasarkan rekomendasi camat, bila aturan ini tidak dijalankan oleh para kepala desa, siap-siap akan ditindak sesuai aturan yang ada,” tegas Bupati.

“Dan apabila kepala desa mengganti perangkat desa atau kepala dusun sebelum tiga bulan diganti, pemerintah tidak akan membayar gaji bulannya,” tambahnya lagi.

Karenanya, kata Bupati, seluruh kepala desa, kepala dusun dan perangkat lainnya harus memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing. Bekerjalah menyesuaikan aturan yang ada sehingga para kepala desa dan jajarannya di masing-masing desa dapat bekerja secara maksimal.

“Bekerjalah dengan baik dan patuhi peraturan dan pedomani tugas pokok masing-masing, khususnya dalam pengelolaan dana desa di masing-masing desa,” ujar Zahir.  (PR)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px