Log in

BKAG Berastagi Gelar Natal dan Syukuran Tahun Baru

Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Herty Delima dan Jenda Kita Br Tarigan bernyanyi bersama. Bupati Karo Terkelin Brahmana didampingi Herty Delima dan Jenda Kita Br Tarigan bernyanyi bersama.

Bupati Karo: Merawat Persatuan Tugas Mulia

Berastagi-andalas Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) menggelar perayaan Natal 2019 dan syukuran Tahun Baru Oikumene Kecamatan Berastagi tahun 2020 di Mickie Holiday Hotel dan Resort Berastagi, Minggu (19/1).

Hadir Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi Staf Ahli Bupati Agustin Pandia, Camat Berastagi Mirton Ketaren, Ketua DPRD Karo diwakili Herty Delima Br Purba dan Kementerian Agama Kabupaten Karo Drs Rasden Boang Manalu MTh.

Ketua BKAG Kecamatan Berastagi Pdt Paham Ginting MTh dalam sambutanya mengatakan Gloria in Exelsis Deo, selamat Natal dan selamat Tahun Baru. "Biarlah ibadah perayaan Natal dan sykuran tahun baru ini sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yesus untuk karya penyelamatan yang telah Allah berikan kepada kita semuanya," katanya.

Kabupaten Karo khususnya Kecamatan Berastagi dikenal dengan semangat bertoleransi antar agama yang sangat tinggi. “Disini jiwa gotong royong, saling peduli dan berbagi antar sesama, patut diapresiasi,” ucapnya.

“Saling berkomunikasi antar agama dan masyarakat, terlebih dengan budaya Karo, 'arih-arih muat simehuli' maka warga hidup rukun dan damai. Spirit kearifan lokal tetap dijunjung tinggi, sehingga bisa kita lihat warga Kecamatan Berastagi dari berbagai etnis tetap bersatu dan kompak, semangat toleransi yang kuat sudah terbangun, sehingga dapat menepis berita berita Hoax yang akhir-akhir ini seperti virus yang dapat memecah belah suatu bangsa,” terangnya.

Seperti pesan thema yang diangkat: jadilah sahabat untuk semua orang, dengan Sub Thema: melalui perayaan Natal dan syukuran tahun baru, Kristus memberi daya untuk menata persahabatan pelayanan dalam gereja dan masyarakat sebagai sesama murid dan kawan sekerja Allah serta relasi dengan alam sebagai sesama ciptaan Allah.

Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana dalam sambutannya mengajak BKAG mengkonsentrasikan diri, mempersiapkan hati yang satu, pikiran yang terarah, menjadi sepikir dengan ibadah sejati. Bupati Karo juga mengajak jemaat untuk merawat dan menjaga semangat persatuan.

“Tugas ini merupakan tugas yang sangat mulia. Demikian juga didalam perbedaan cara beribadah, dogma dan kebiasaan masing-masing gereja harus disatukan lewat kemauan bersekutu melalui BKAG,” tambahnya.

Pdt Modi Sinulingga SH STh dalam penyampaian firman Tuhan kepada jemaat, diambil dari Yohanes 15:14-15 (TB), Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu.

"Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku." terangnya dalam pesan-pesan dan renungannya.

Prosesi natal dan syukuran tahun baru itu diawali liturgi dan dimeriahkan koor dan puji-pujian dari gereja GBKP, GPdi Karmel, GKPS, GKPI, GKRI, HKBP, GSJA, Elim Kairos, dan doa syafaat JDW. Rasina Peranginangin (mendoakan kesatuan BKAG), Pdt Piladelfia STh (mendoakan semua pemimpin di Indonesia dan Pilkada Karo 2020), Jenda Kita Br Tarigan (mendoakan keluarga dan masyarakat), semuanya berjalan khidmat dan lancar serta diakhiri dengan menyanyikan kidung pujian "Hidup Ini Kesempatan" bersama Bupati Karo. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C