Log in

Bawaslu Binjai Minta KPU Verifikasi Berkas Bapaslon ke Lembaga Terkait

 Ketua Bawaslu Kota Binjai Arie Nurwanto SH MH Ketua Bawaslu Kota Binjai Arie Nurwanto SH MH

Binjai-andalas Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Binjai meminta kepada KPU untuk memverifikasi berkas dari bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Binjai ke lembaga terkait.

Hal tersebut dikatakan ketua Bawaslu Kota Binjai Arie Nurwanto SH MH, Jumat (18/9/2020) saat ditemui di kantornya jalan Sisingamangaraja Kecamatan Binjai Timur.

"Bawaslu sudah menyampaikan surat kepada KPU Kota Binjai untuk melakukan verifikasi faktual dan tanggapan atas seluruh dokumen berkas syarat calon, akan tetapi tidak digubris oleh KPU Kota Binjai,"ujar Arie.

Arie juga mengatakan, sesuai dengan PKPU pasal 54 ayat 3, bahwa rekomendasi Bawaslu Provinsi atau Panwas Kabupaten/Kota atau laporan tertulis masyarakat sebagaimana dimaksud pada ayat 2 ditindaklanjuti oleh KPU/KIP Kabupaten/Kota dengan melakukan klarifikasi kepada instansi berwenang atau kepada pimpinan partai politik atau gabungan partai politik yang mengusulkan bakal pasangan calon.

"Hal ini adalah bagian dari tugas pengawasan Bawaslu Kota Binjai sebagai pencegahan dan mendeteksi potensi adanya pelanggaran/sengketa nantinya terkaitan di tahapan pencalonan ini,"tutur Arie.

Sementara itu, Komisioner KPU kota Binjai Divisi Teknis, Risnofiardi ketika dikonfirmasi awak media melalui pesan WhatsApp nya terkait hal tersebut mengatakan, verifikasi dilakukan ke pihak terkait dilakukan apabila ada keraguan dan masukan dari masyarakat sesuai Pasal 53 PKPU 3 tahun 2017.

"Kita akan lakukan verifikasi apabila ada keraguan dan masukan atau laporan dari masyarakat," tutup Risno singkat. (DED)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C