Log in

Zeira Salim : Tunda Pilkada, Jangan Pertaruhkan Nyawa

Zeira Salim Ritonga Zeira Salim Ritonga

Medan-andalas Anggota DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga menyarankan, perhelatan Pilkada (pemilihan kepala daerah) serentak Desember 2020 lebih baik ditunda dan jangan sampai mempertaruhkan HAM dan nyawa manusia.

"Jika memang belum ada langkah konkrit atau kebijakan pemerintah dalam mengurangi penyebaran Covid-19, sebaiknya Pilkada ditunda. Demokrasi tidak harus mengorbankan nyawa manusia," tegas Zeira Salim Ritonga kepada wartawan, Selasa (22/9/2020) di DPRD Sumut.

Politisi PKB ini menyebutkan, saat ini korban pandemi Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan sangat signifikan. Demikian halnya di Provinsi Sumatera Utara, korban Covid-19 juga mengalami kenaikan yang sangat drastis.

"Jika tidak ada penurunan bulan ini, pemerintah perlu mengambil kebijakan yang mengutamakan HAM dengan menunda Pilkada. Jangan nanti terkesan dipaksakan tanpa kita melihat hak azasi manusia (HAM), terkait nyawa seseorang," katanya lagi.

Menurut Sekretaris Fraksi Nusantara DPRD Sumut ini, sebuah kebijakan bahkan produk hukum tidak lebih tinggi derajatnya dari hak azasi manusia, terlebih lagi perhelatan pesta demokrasi yaitu Pilkada juga tidak lebih tinggi nilainya dari pada nyawa manusia.

Pasalnya, pandemi Covid-19 bukan lagi dipandang sebelah mata, sebab yang terkena tidak hanya di perkotaan tapi sudah sampai ke desa-desa. Sementara di desa-desa, tidak punya infrastriktur rumah sakit, bahkan banyak tenaga medis meninggal.

Pemerintah harus bisa melihat kondisi tersebut. Kita minta pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota menunda pelaksanaan Pilkada, karena terlalu berisiko dan sangat-sangat berisiko.

Keselamatan nyawa manusia harus lebih diutamakan. Apa pun produk UU dan regulasi lainnya yang terpenting HAM diutamakan. Jangan sampai penyesalan di kemudian hari. "Kalau nyawa sudah hilang tidak bisa diulang lagi, tapi Pilkada masih bisa dilaksakan kapan saja," tambah Zeira.(UJ)

 

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C