Log in

Yayasan AHM Gelar Pasanggiri Angklung

Lebih 700 peserta dari 24 sekolah binaan PT Astra Honda Motor unjuk kebolehan bermain angklung pada acara Pasanggiri Angklung di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Jawa Barat (16/11). Lebih 700 peserta dari 24 sekolah binaan PT Astra Honda Motor unjuk kebolehan bermain angklung pada acara Pasanggiri Angklung di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Jawa Barat (16/11).

Medan-andalas Memperingati Hari Angklung Sedunia, Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) menggelar Pasanggiri Angklung di SMK Mitra Industri MM2100, Cikarang, Jawa Barat, Sabtu (16/11).

Lebih dari 700 peserta dari 24 sekolah binaan PT Astra Honda Motor (AHM) unjuk kebolehan bermain angklung, warisan budaya yang sudah diakui UNESCO sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia.

Sebagai komitmen berkontribusi di bidang pendidikan,Yayasan AHM telah menjalin kerja sama dengan beberapa sekolah untuk melestarikan nilai-nilai budaya bangsa. Salah satunya adalah angklung.

Didukung Sanggar Angklung Saung Ujo Bandung, Yayasan AHM mengajarkan guru dan murid sekolah binaan hingga dapat bermain angklung secara profesional. Untuk melihat hasil pembinaannya, YAHM menggelar Pasanggiri Angklung yang tahun ini memasuki pelaksanaan kelima.

Dalam Pasanggiri Angklung, peserta lomba diberi kesempatan tampil unjuk kebolehan  memainkan Angklung secara tim. Penampilan mereka dinilai para juri profesional di bidang seni angklung. Peserta juga dinilai dari teknik memainkan alat musik angklung, struktur musik  dimainkan, pengembangan kreativitas komposisi serta kualitas pertunjukan.

Wakil Ketua Yayasan AHM Ahmad Muhibbuddin menyampaikan pasanggiri merupakan sarana menilai kemampuan dan keberhasilan program pembinaan selama ini sudah Honda lakukan.

Sementara itu Leo Wijaya, Direktur PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumut menyatakan sebagai warisan budaya asli Indonesia, pihaknya mendukung upaya Honda  melestarikan angklung melalui berbagai aktivitas melibatkan para generasi muda.

Menurutnya aktivitas ini merupakan salah satu upaya mengajak generasi muda melestarikan dan membuat mereka bangga dengan angklung yang merupakan warisan budaya dunia dari Indonesia.(Siong)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px