Log in

Rusuh di Madina, Polisi Minta Para Pelaku Serahkan Diri

AKBP MP Nainggolan AKBP MP Nainggolan

Medan-andalas Pihak kepolisian telah mengamankan tiga terduga pelaku kerusuhan dan pembakaran dua unit mobil saat unjuk rasa di Desa Mompang Julu Kecamatan Penyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal (Madina). Untuk itu pihak kepolisian mengimbau agar siapa saja yang terlibat dalam kerusuhan itu segera menyerahkan diri.

Kasubbid Penmas Polda Sumut, AKBP MP Nainggolan ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya tetap melakukan upaya hukum terkait kejadian pada Senin (29/6/2020). Penegakan hukum ini dilakukan setelah pihak Polres Madina rapat bersama dengan Forkopimda, tokoh agama dan masyarakat Kabupaten Madina.

"Kita rapat untuk mencari solusi dan upaya hukum akan tetap dilakukan oleh pihak Polres Madina," kata Nainggolan, Jumat (3/7/2020). Dalam rapat itu juga disepakati para pelaku yang terlibat dalam kerusuhan agar menyerahkan diri. "Menyarankan kepada para pelaku agar menyerahkan diri,"imbaunya.

Untuk tiga terduga pelaku yang sudah diamankan AH (20), RH (20) dan AN, ketiganya warga Desa Mompang Julu, akan tetap dilanjutkan ke ranah hukum. "Untuk terduga para pelaku yang telah diamankan oleh pihak kepolisian akan tetap dilanjutkan dan kiranya masyarakat ingin I mengajukan penangguhan penahanan silahkan mengajukan permohonan,"kata dia.

Dia menerangkan, untuk mengantisipasi kerusuhan susulan, pihak kepolisian telah menurunkan 328 personel gabungan Polri dan TNI. "Dalam rangka mengantisipasi massa mendatangi komando (Mapolres Madina) dan mengantisipasi pemblokiran jalan sekaligus persiapan untuk melakukan mencoba pembukaan pembelokiran situasi sementara kondusif arus lalu lintas macet total jurusan Medan-Padang dan sebaliknya," sebut dia.

Seperti diketahui, ratusan warga melakukan unjuk rasa meminta Kepala Desa Mompang Julu Hendri Hasibuan untuk segera turun. Pasalnya, warga menilai Kades tersebut tidak transparan membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT).Aksi inipun berujung ricuh sehingga warga melakukan pemblokiran jalan lintas sumatera dan melakukan pembakaran dua unit mobil dan sepeda motor.(DA)

 

 

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C