Log in

Ribuan Calon Dokter Gagal, Umar Zein : Uji Kompetensi Dokter Lebih Baik Dihapus


Medan-andalas Sekitar 2.700 orang calon dokter di Indonesia dipastikan gagal lulus dari uji kompetensi dokter yang dilaksanakan Konsul Kedokteran Indonesia (KKI). Akibatnya, mereka tidak bisa mendapat gelar profesi dokter, kendati telah lulus dari Fakultas Kedokteran di tempatnya kuliah sebagai Sarjana Kedokteran.

Menanggapi ini, pengamat sekaligus praktisi Kesehatan Sumut dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara (FK-UISU) DR dr Umar Zein DTM&H SpPD KPTI menegaskan, sistem uji kompetensi ini sudah selayaknya dikaji ulang. Bahkan, bila perlu sistem uji kompetensi dokter lebih baik dihapuskan saja.

"Ditutup saja. Lebih baik serahkan saja ke institusi pendidikannya, seperti dulu lagi," sarannya dihubungi melalui telepon seluler, Senin (24/6).

Sebab menurutnya, penilaian dilakukan secara singkat dalam uji kompetensi itu dinilai subjektif. Padahal, kompetensi dari seorang calon dokter itu harusnya dilihat, misalnya dari kemampuannya berpraktek.

"Jadi setelah lulus, di lapangan di uji lagi misalnya berpraktek. Karena kan nggak semua dokter itu sebetulnya mau berpraktek," katanya.

Ia menerangkan, bila calon dokter tidak lulus uji kompetensi, memang akan diberi kesempatan melakukan uji ulang 3 bulan kemudian. Namun, tak sedikit jumlah calon dokter  berulang kali mengikutinya, tetap tidak lulus juga.

"Bahkan ada sampai lebih dari 14 kali mengulang tapi tidak lulus juga. Ini kan sudah memakan waktu lama, bahkan seperti masa studinya di Fakultas Kedokteran," tukasnya.

Disisi lain, Umar Zein juga menyesalkan sikap pemerintah tidak ada memberi solusi, meski uji kompetensi telah berjalan sejak tahun 2014 lalu. Sementara yang bisa dilakukan Fakultas Kedokteran, hanya memberi bimbingan saja kepada mahasiswa sebelum mengikuti uji kompetensi tersebut.

"Jadi nggak ada maknanya. Pemerintah juga tidak ada memberi solusi, apakah pemutihan jika telah beberapa kali tidak lulus ataupun lainnya," katanya. (YN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C