Log in

Polemik Surat Edaran, Kabiro Hukum “Menang Banyak“


Medan-andalas Polemik surat edaran Gubsu Edy Rahmayadi soal izin pemeriksaan dan pemanggilan lembaga penegak hukum ternyata membuat gerah Kepala Biro Hukum Pemprovsu Andy Faisal sebagai pihak yang mengusulkan dan mengkonsep surat tersebut.

Dalam konferensi pers digelar di ruangan humas Pemprovsu, Sabtu (19/10), Kabiro Hukum Andy Faisal akhirnya mengakui surat edaran itu dibuat atas inisiatif dan usulan pihaknya kepada Gubsu Edy Rahmayadi.  Andy berasalan surat itu perlu dikeluarkan guna tertib administrasi di lingkungan internal ASN Pemprovsu.

“Karena selama ini pemanggilan maupun pemeriksaan dilakukan Kejati Sumut maupun Poldasu terhadap ASN Pemprovsu jarang kita dampingi. Dengan surat edaran ini, kita ingin adanya satu visi soal proses hukum yang sedang dialami ASN Pemprovsu, sehingga tertib admnisitrasi,” kata Andy Faisal.

Menjawab pertanyan wartawan soal surat edaran membuat polemik dan kegaduhan politik, Andy mengakui adanya pro dan kontra soal itu. Hanya saja Andy berharap surat edaran itu tidak diartikan Pemprovsu tidak mendukung penegakan hukum di Sumut.

”Saya pastikan surat itu tidak berlawanan dengan penegakan hukum. Justru semakin adanya koordinasi antar lembaga,” elaknya.

Sementara itu menjawab adanya dugaan pihaknya dituding ingin mengkoptasi semua urusan hukum terhadap ASN Pemprovsu harus melalui pihaknya, seolah-olah sebagai pengacara bagi ASN yang berurusan dengan Kejatisu maupun Poldasu, Kepala Biro Hukum Andy Faisal tidak menampik pihaknya bersedia sebagai pihak yang harus dilibatkan bagi ASN Pemprovsu guna memberi advokasi.

Lalu, menjawab soal tudingan Andy Faisal sebagai pihak berwenang yang harus mengatur semua urusan hukum bagi ASN yang terlibat kasus hukum di Kejatisu maupun Poldasu, bahkan pihak yang melakukan lobby dan negosiasi, Andy Faisal dengan tegas membantahnya.

“Inikan mainan Andy Faisal saja. Supaya siapa pun ASN berurusan hukum di Kejati Sumut dan Polda Sumut harus didampingi Andi, bahkan Andi lah yang menegosiasikan biar lepas dari jerat hukum. Menang banyaklah pokoknya Kabiro Hukum kita ini,” celetuk salah satu wartawan disela konpers kemarin.(WAN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C