Log in

Pengawasan Kesehatan Terhadap Penumpang KM Kelud Diperketat

  Pelayanan protokol kesehatan di Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan.(andalas/desrin) Pelayanan protokol kesehatan di Terminal Bandar Deli Pelabuhan Belawan.(andalas/desrin)

Belawan-andalas Selaku operator di Pelabuhan Belawan, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1 melakukan pelayanan protokol kesehatan terhadap 670 orang penumpang KM Kelud yang turun di Terminal Penumpang Bandar Deli, Senin (13/07/2020).

Penumpang tersebut berasal dari Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Batam dilakukan pengawasan kesehatan yang sangat ketat untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Petugas Pelindo 1 dan instansi terkait sangat ketat melakukan protokol kesehatan terhadap penumpang KM Kelud yang turun dan naik di Pelabuhan Belawan.

Kapal Kelud ini juga akan berangkat kembali ke Pelabuhan Batam dan Tanjung Priok dengan membawa penumpang sebanyak 291 orang, Selasa, 14 Juli 2020. Pelindo 1 telah menyiapkan skema pelayanan penumpang di seluruh terminal di wilayah kerjanya, termasuk Terminal Penumpang Bandar Deli Belawan.

“Skema ini diterapkan untuk memastikan seluruh kegiatan di terminal penumpang selama masa adaptasi kebiasaan baru sudah sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” jelas VP Public Relations, Fiona Sari Utami.

Penerapan protokol kesehatan di area Terminal Penumpang Bandar Deli diawali sejak kapal akan bersandar bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Medan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani setelah berstatus bebas karantina.

Selanjutnya untuk pelayanan penumpang, diwajibkan untuk mendeteksi suhu tubuh penumpang menggunakan thermal scanner dan thermal gun, wajib menggunakan masker, penerapan physical distancing dan adanya petugas operasional yang siaga melakukan pengawasan.

“Di areal terminal penumpang Bandar Deli juga sudah dilengkapi fasilitas kesehatan seperti hand sanitizer, fasilitas cuci tangan, dan penyemprotan barang-barang bawaan penumpang dengan desinfektan,” jelas Fiona.

Pelindo 1 selalu memastikan keamanan dan kesehatan seluruh petugas terutama yang berada di barisan depan dalam pelayanan operasional dengan mewajibkan seluruh petugas untuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), masker, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya. "Hal ini bertujuan untuk memberikan pelayanan prima demi kepentingan masyarakat,"ungkap Fiona Sari Utami.(DP)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C