Log in
Selamat dan Sukses dari BAPPEDA

Muhri Fauzi : Jelang Ramadhan Harus Dilakukan Operasi Pasar

Muhri Fauzi Hafiz Muhri Fauzi Hafiz

Medan-andalas Pemerintah daerah, baik provinsi/kabupaten/kota, yang tergabung dalam kelompok Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) semestinya sudah melakukan kegiatan operasi pasar lebih ketat. Terdapat dua alasan yang mendorong kenapa kegiatan operasi pasar dilakukan lebih ketat.

Pertama, umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadhan, kecenderungan yang sering terjadi setiap memasuki bulan suci Ramadhan akan terjadi peningkatan permintaan akan kebutuhan pokok yang disebut kelompok sembako. Kedua, kondisi tanggap darurat Covid-19, dengan aturan yang berlaku saat kondisi ini, ada banyak kelompok masyarakat yang mengalami dampak ekonomi secara langsung.

Ketua Perkumpulan Masyarakat Demokrasi 14 Sumatera Utara, Muhri Fauzi Hafiz mengemukakan hal itu kepada wartawan, Kamis (9/4). Menurut dia, pemerintah melalui kepala daerah (gubernur/bupati/wali kota) dan TPID harus melibatkan Aparat Penegak Hukum (APH) dalam kegiatan operasi pasar saat ini, sebab dipengaruhi dua kondisi tersebut di atas, sangat rawan tidak terkendali jika tidak mengajak APH dalam menindak penimbun di pasar.

Kata Fauzi, kegiatan operasi pasar ini akan menyelamatkan kelompok masyarakat menengah yang sesungguhnya masih memiliki kemampuan daya beli yang cukup, untuk berbelanja barang sembako di pasar. Kelompok menengah ini harus dilindungi oleh pemerintah agar uang yang mereka miliki bisa dibelanjakan dan memenuhi kebutuhannya. Jika tidak, maka pemerintah akan memiliki beban berat setelah menanggulangi kelompok masyarakat yang tidak mampu dan terdampak situasi tanggap darurat Covid-19. Jumlah yang akan dibantu bisa membengkak. Pemerintah harus mengendalikan gerak distribusi barang kelompok sembako agar tidak langka dan harga terkendali. Seperti diketahui, saat ini gula sudah langka.

Harganya juga sudah naik menjadi Rp18 ribu per kg dari harga normal sebelumnya sebesar Rp12 ribu per kg. "Operasi pasar merupakan kegiatan yang dilakukan pemerintah untuk mengendalikan dan menjaga stabilitas harga, dengan membeli atau menjual bahan kebutuhan pokok, bila harga di pasar terlalu rendah atau terlalu tinggi, karena kita tahu bahwa harga di pasar terjadi akibat interaksi antara penawaran dari produsen dan permintaan konsumen,"kata penulis buku 'Bunuh Politik Uang' ini.(uj)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C