Log in

Komitmen Tingkatkan Kualitas Sanitasi


Medan-andalas Wali Kota Medan Dzulmi Eldin kembali menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan kualitas layanan sanitasi dan pemberian akses air minum yang lebih baik kepada masyarakat Kota Medan. "Secara berkelanjutan kita terus tingkatkan layanan sanitasi dan akses air minum kepada masyarakat, karena kita ketahui bersama bahwa ketersediaan layanan sanitasi dan akses air minum yang layak bagi masyarakat adalah kebutuhan dasar yang mereka butuhkan," katanya di Medan, kemarin.

Hal itu ia sampaikan saat menerima kunjungan USAID IUWASH PLUS dalam rangka menjalin kerja sama untuk pengembangan program sanitasi dan akses air minum kepada masyarakat. Ia mengatakan, Pemkot Medan sedang melakukan kajian kerja sama dengan berbagai investor asing untuk melakukan penyulingan air laut sebagai air minum yang layak dikonsumsi masyarakat nantinya. "Kemampuan air tanah tidak bisa kita andalkan sepenuhnya untuk kehidupan jangka panjang. Kita harus lakukan pencegahan dini terhadap penurunan muka bumi apabila eksploitasi air bawah tanah terus menerus kita lakukan, untuk itulah program penyulingan air laut menjadi layak pakai terus kita gagas dan kembangkan," katanya.

Regional Manajer USAID IUWASH PLUS Sumatera Utara M Yagi menjelaskan, program kerja sama dengan pemerintah daerah itu sebagai dukungan atas upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan akses air minum, sanitasi dan hygiene sebagai bagian dari RPJMN 2015-2019. Peresmian dan penandatangan MoU itu menurut rencananya akan dihadiri oleh Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan. Kota Medan terpilih menjadi salah satu daerah di Sumatera Utara bersama Deli Serdang, Kota Tebing Tinggi, Kota Pematang Siantar dan Kota Sibolga untuk mendapatkan program IUWASH PLUS itu. "Nantinya di Kota Medan akan ada program peningkatan layanan air minum-sanitasi dan Hygiene (WASH) dan penguatan manajemen air minum dan sanitasi yang diterapkan pengembangannya tersebar pada sembilan kecamatan di Kota Medan," katanya. (ant)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C