Log in

Ketua DPRDSU : Darcovid dan Prokes Harus Ditingkatkan


Medan-andalas Ketua DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengimbau masyarakat Sumatera Utara, agar meningkatkan Darcovid (Sadar akan bahaya Covid-19), dengan tetap mengikuti protokol kesehatan (Prokes), karena saat ini cenderung OTG (Orang Tanpa Gejala).

Imbauan ini disampaikan Drs Baskami Ginting ketika dikonfirmasi wartawan, Senin (12/10/2020), terkait adanya beberapa anggota DPRD Sumut dan ASN/pegawai honor positif terpapar covid dari hasil swab, 29 September 2020 di gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan.

Dengan memiliki kesadaran akan bahaya covid, lanjut Baskami Ginting, masyarakat harus memeriksakan diri dari wabah virus corona tersebut melalui tes swab, baik secara mandiri maupun bersedia diswab oleh petugas resmi yang dikelola pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 di Sumatera Utara.

"Jika sudah dilakukan tes swab, akan terlihat hasilnya. Jika positif, tentu kita bisa mengambil langkah-langkah untuk mengobati dan melakukan isolasi mandiri atau di rumah sakit, agar tidak menularkan ke orang lain, terutama lingkungan keluarga sendiri," ujarnya.

Disinggung terpaparnya beberapa anggota DPRD Sumut positif covid-19, Baskami Ginting mengakuinya. "Anggota DPRD Sumut yang terpapar positip covid-19 ada 4 orang dan sudah melakukan isolasi mandiri dan sebagian di antaranya isolasi di rumah sakit,"ujarnya.

Dia juga menyebutkan, kalangan anggota DPRD Sumut telah memiliki darcovid (sadar akan bahaya covid), sehingga masing-masing anggota dewan memeriksa diri sendiri baik dengan rapid test maupun swab setiap akan melakukan kegiatan ke luar kota.

"Semuanya sudah melakukan tes swab secara mandiri, baik mendatangi rumah sakit maupun ke kantor Dinas kesehatan Provinsi. Dari hasil swab, terpapar 4 orang, sudah melakukan isolasi mandiri dan sebagian diantaranya isolasi di rumah sakit," ujarnya Baskami yang tidak ingin mengurai nama-nama keempat anggota dewan tersebut.

Politisi senior PDI Perjuangan ini juga mengimbau masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dengan rajin memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjaga kesehatan."Jangan keluar rumah jika tidak terlalu penting guna menghindari kerumunan orang," pintanya.(UJ)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C