Log in

Karutan Kelas I Tanjung Gusta Sesalkan Pemberitaan Tanpa Check and Recheck

Kepala Rutan Tanjung Gusta, Theo Adrianus Purba SH MH Kepala Rutan Tanjung Gusta, Theo Adrianus Purba SH MH

Kabanjahe-andalas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Tanjung Gusta Kota Medan, Provinsi Sumut sempat diberitakan di beberapa media adanya praktik pungutan liar (Pungli) terhadap para pengunjung dan warga binaan.

Isu itu membuat Kepala Rutan Tanjung Gusta, Theo Adrianus Purba SH MH angkat bicara. Divsaat dia fokus membenahi pembinaan dan pelayanan, setelah baru dua minggu bertugas selaku Karutan Kelas I Tanjung Gusta Medan menegaskan dan membantah semua tuduhan tersebut.

Bukan tanpa alasan yang kuat, karena setahunya, wartawan profesional ketika memberitakan sesuatu kasus diperlukan verifikasi, check and richeck atau mengumpulkan data dan keterangan (Pulbaket), sebut Theo.

Ia menyesalkan pemberitaan tersebut yang mencoreng nama baik Rutan Tanjung Gusta. Harusnya, rekan-rekan wartawan harus mempedomani kaidah jurnalistik dan undang-undang pers. Jangan asal ngarang indah, kaidah jurnalistik jangan diabaikan, itu pedoman mutlak.

"Ada Undang Undang Pers, jika itu dilanggar bisa dipidana. “Silakan lakukan tugas sebagai kontrol sosial yang profesional, kumpulkan bahan dan cek fakta serta konfirmasi ke narasumber yang kredibel,” imbuhnya.

Menurutnya, pada prinsipnya pihaknya welcome terhadap kritikan yang sifatnya objektif dan membangun didasari fakta yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Artinya, informasi terkait pungutan liar harus benar-benar sesuai fakta yang valid.

Harus dilampiri nama lengkap korban, cara meminta serta dimana dan bagaimana diserahkan uangnya. “Kalaulah begitu, dengan adanya tuduhan orang tanpa bukti dan saksi, akan sangat mudah menuduh seseorang dan akan banyak orang masuk penjara,” kecamnya menyesalkan.

Gak semudah itu, semua ada aturan mainnya. Sangat bodoh sekali napi mau memberi uang sampai jutaan. Kita tarik ke diri anda bro. "Ketika orang lain meminta sesuatu tanpa alasan kepada anda dan memberi. Itu namanya beramal atau kebodohan,” tanyanya.

Dewan Pers RI telah menegaskan bahwa pers tidak boleh menggunakan kebebasannya untuk bertindak seenaknya saja. “Berdasarkan Pasal 7 ayat (2) UU 40/1999 tentang Pers, wartawan adalah profesi yang memiliki dan harus menaati Kode Etik Jurnalistik,” katanya.

Namun demikian, Theo Adrianus Purba menambahkan, terima kasih, manakala anda berkenan membantu kami memperbaiki institusi ini. Saya baru dua minggu bertugas disini, dan saya harap jelas data dan faktanya,” tutupnya kepada wartawan, Sabtu (04/07/2020) di ruang kerjanya. (RTA)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C