Log in

Jenazah Perempuan Covid Dimandikan Petugas Pria, Langgar Norma Agama

Ahmad Hadian Ahmad Hadian

Medan-andalas Terkait pemandian jenazah perempuan pasien Covid-19 oleh petugas laki-laki, Wakil Ketua Pansus Covid-19 DPRD Sumut, Ahmad Hadian mengaku prihatin dan minta Satgas Covid-19 Sumut dan RSUD agar bertanggungjawab.

"Sangat fatal ini, jika benar ada petugas laki-laki memandikan jenazah perempuan. Ini melanggar SOP penanganan Covid-19. Bahkan, lebih jauh lagi melanggar aturan norma etika dan agama. Saya minta Satgas Covid-19 Sumut dan RSUD Jasamen Saragih Pematang Siantar bertanggungjawab," tegas Kang Hadian, Kamis (24/9/2020).

Saat ditanya lebih jauh, apa bentuk pertanggungjawaban dimaksud, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang sederhana dan merakyat ini menjelaskan, yang pasti agar pihak RSUD meminta maaf kepada keluarga pasien.

Selain itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi harus menindak tegas oknum yang melakukan pelanggaran tersebut. Sebab, mereka sudah melanggar SOP, etika kearifan lokal bahkan aturan agama.

Bahkan, saya pikir pihak penegak hukum juga patut melakukan investigasi mendalam, khususnya jika ada unsur kesengajaan bisa berbuntut pidana.
Selanjutnya, Gubernur Sumut harus melakukan evaluasi mendalam terhadap Satgas Covid-19 sampai ke kabupaten/ kota, agar kasus serupa tidak terulang kembali.

"Saya usul agar untuk urusan pemulasaraan jenazah pasien Covid-19 diserahkan saja kepada keluarga, dengan catatan diberikan arahan perihal protokol kesehatan sebelumnya dan mengawasinya saat pemulasaraan.

Hal ini, tambah Sekretaris Fraksi PKS DPRD Sumut ini, dimaksudkan untuk menjaga agar permasalahan serupa tidak terulang lagi. "Intinya, urusan seperti ini tidak boleh dianggap sepele," tegasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya muncul viral kasus petugas menyolatkan jenazah Covid-19, yang tidak sesuai dengan syariat agama Islam. "Hal-hal seperti ini harus dicegah, supaya tidak terjadi lagi," harap Hadian.(UJ)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C