Log in

Dekan FISIP USU: Media dan PT Harus Ikuti Perubahan

Dekan FISIP USU Dr Muryanto Amin SSos MSi saat menjadi pemateri kegiatan Kemah Kerja Jurnalistik bagi Jurnalis Kampus, di Hotel Niagara, Parapat, Minggu (17/11). Dekan FISIP USU Dr Muryanto Amin SSos MSi saat menjadi pemateri kegiatan Kemah Kerja Jurnalistik bagi Jurnalis Kampus, di Hotel Niagara, Parapat, Minggu (17/11).

Medan–andalas Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU), Dr Muryanto Amin SSos MSi mengatakan, mau tidak mau media dan perguruan tinggi (PT) harus mengikuti era digitalisasi. Karena, jika tidak mengikuti prubahan, media dan PT akan ditinggalkan masyarakat.

“Saat ini banyak sekali muncul media-media baru yang banyak berinovasi di era digitalisasi. Orang-orang juga tidak membaca satu pemberitaan saja. Nah, jika media mainstream tidak mengikuti perkembangannya, maka akan tertinggal dari media baru itu,” kata Muryanto Amin saat menjadi pemateri kegiatan Kemah Kerja Jurnalistik bagi Jurnalis Kampus di Hotel Niagara, Parapat, Minggu (17/11).

Begitu juga PT, kata Muryanto Amin, harus cepat merespon perubahan digitalisasi. “Kita tidak mungkin bertahan dari zona-zona yang nyaman. Sementara, di luar sana orang-orang sudah harus berpacu mengejar ketertinggalannya. Dosen, misalnya, harus mampu memanfaatkan teknologi informasi agar tidak dianggap bodoh oleh mahasiswanya,” ujarnya.

Diakuinya, kini USU memang sudah berada di kluster satu rangking PT nasional. Peringkatnya meningkat dibanding tahun lalu. Namun, jika tidak berubah dan tidak mampu meningkat, maka USU bisa terlempar diganti universitas lain.

“Ya, salah satunya adalah digitalisasi tadi.Sumber ilmu kan tidak hanya bisa didapat dari dosen saja. Tapi, dari mana-mana, termasuk digital.Tugas dosen lebih pada membina karakter mahasiswanya agar tidak jadi orang individualis,” bebernya.

Untuk itu, PT dan media harus terus berinovasi mengikuti perkembangan zaman.“Belajar harus sepanjang hayat. Fungsi PT hanya memberi fasilitas dan memberi koridor. Tapi, substansi materi lebih canggih dari dosen, dekan, program studi bahkan rektornya. Jadi, harus ada perubahan. Karena, bisa kita lihat sudah ada perusahaan merekrut karyawannya tidak lagi melihat pendidikannya, tapi skillnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kahumas USU, Elvi Sumanti ST, MHum turut hadir menyebutkan, kegiatan Kemah Kerja Jurnalistik digelar Kantor Humas, Protokoler dan Promosi USU itu diikuti watawan media cetak, online dan TV/radio. Kegiatan ini digelar untuk meningkatkan sinergi antara USU dengan wartawan.  

Kemah Kerja Jurnalistik itu juga menampilkan narasumber Ketua PWI Sumut H Hermansjah SE dan Excecutive Producer BeritaSatu TV Denny S Batubara SSos MKom. (HAM)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px