Log in
Pemkab-Aceh-Selatan-Sekda-Bupati.jpg

Tak Ada Ancaman Pemecatan, Mourinho : Enak Betul Solskjaer


Jose Mourinho mengomentari posisi Ole Gunnar Solskjaer di Manchester United. Mourinho bilang suksesornya itu seharusnya bisa bekerja secara nyaman karena tak pernah berada di bawah ancaman pemecatan.

Solskajer sedang disorot setelah laju kurang sip MU di Premier League. Menghabiskan sembilan pertandingan, MU tercecer di urutan ke-13 dengan baru mengumpulkan sepuluh poin, berjarak dua poin dari zona degradasi.

Di laga paling akhir, MU mengimbangi Liverpool 1-1 di Old Trafford. Marcus Rashford membuat MU unggul lebih dulu atas The Reds dalam pertandingan di Old Trafford, Minggu (20/10). Liverpool menyamakan lewat gol Adam Lallana.

Kendati tampil inkosisten, tampaknya Solskjaer tak akan terusik dari posisinya. Dia dibela mantan pemain MU lainnya untuk tetap bertahan sebagai manajer Setan Merah.

Mourinho menilai dukungan itu membantu Solskjaer bisa tenang menjelang laga dengan Liverpool. Manajer manapun menginginkan posisi serupa Solskjaer.

"United menjalankan tugas PR yang baik sepanjang pekan untuk membuat situasi jelas dan menciptakan atmosfer positif menuju pertandingan dengan Liverpool," kata Mourinho.

Kenyamanan Solskjaer itu bahkan sudah didapatkan sejak awal musim. Dia bisa mendatangkan pemain-pemain muda.

"Saya rasa mereka sudah melakukannya dengan baik. Yang saya lihat dari wawancara itu justru soal masa depan. Saya mencoba mendapatkan pekerjaan seperti yang dimiliki Ole saat ini. Dia cuma bicara soal masa depan sepanjang waktu dan mendapatkan pembelaan saat ini. Dia memiliki kontrak tiga tahun, memiliki masa depan dan mempunyai pemain-pemain muda," ujar dia.

Mantan manajer Manchester United Jose Mourinho itupun turut "menyerang" Juergen Klopp atas kritiknya yang menilai telah terjadi pelanggaran sebelum gawang Liverpool kebobolan dalam laga pekan kesembilan Liga Inggris di Old Trafford, Minggu setempat.

Mourinho yang kini menjadi pandit dan komentator televisi itu menilai kritik Klopp lahir dari rasa tak puasnya atas permainan Setan Merah yang berhasil menyulitkan Liverpool.

"Itu karena dia tidak penah menang di Old Trafford. Dia tidak suka menunya. Dia suka daging tapi dia justru dapat ikan, jadi dia tidak senang," ujar Mourinho bermetafor.

"Mereka (MU) tentu saja lebih kuat menghadapi lawannya yang memberikan peluang melakukan serangan balik. United tidak lakukan itu (pelanggaran), dan Klopp tidak suka dengan menu hari ini," katanya menambahkan.

Klopp menyatakan kecewa dengan keputusan wasit Martin Atkinson yang mengabaikan insiden jegalan Victor Lindelof terhadap Divock Origi yang memicu serangan balik berujung gol Marcus Rashford pada menit ke-36.

Pelatih asal Jerman itu kesal karena VAR satu suara dengan wasit yang justru mengesahkan gol Rashford.

Reaksi terbalik disuarakan manajer MU Ole Gunnar Solskjer yang memuji wasit Atkinson karena telah membuat keputusan tepat.

“Pelanggaran? Kita tidak sedang bermain basket. Dia (Victor) menjegalnya, tapi itu bukan sebuah pelanggaran," kata Solkjaer.

Mourinho pun bersikeras bahwa MU sama sekali tidak melakukan pelanggaran apapun, meski pada akhirnya dipaksa puas dengan hasil imbang 1-1 akibat kebobolan gol Adam Lallana yang mengakhiri paceklik golnya sejak Mei 2017.

"Mereka (MU) terstruktur dan mempunyai rencana (permainan).Kamu bisa setuju atau tidak tapi mereka memiliki perencanaan bermain yang baik dan mereka berpegang teguh dengan itu. Jika saya menjadi Ole saya akan merasa bangga dan sedikit frustasi karena saya rasa para pemain telah memberikan segalanya," ujar Mourinho.

Sementara itu, Manajer Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, memberi pujian kepada wasit Martin Atkinson yang memimpin pertandingan The Red Devils melawan Liverpool, Minggu (20/10).

Solskjaer mengaku puas dengan hasil imbang yang diraih Marcus Rashford dan kawan-kawan saat menjamu Liverpool di Stadion Old Trafford. Kendati tak berhasil menang, Solskjaer menilai para pemainnya tampil beda.

Selain mengapresiasi penampilan para pemain, Mantan penyerang MU itu menilai wasit turut memegang peranan penting dalam pertandingan.

"Saya pikir pertama, para pemain begitu fantastis, agresif, menekan lawan. Dua fan selalu membuatnya menjadi laga yang enerjik dengan gairah yang begitu besar."

"Yang ketiga, wasit juga melakukan tugas dengan baik. Dia membiarkan permainan sepak bola dengan tekel. Dia bukan orang yang sebentar-sebentar menghentikan pertandingan. Tidak sering kami memuji wasit tetapi saya pikir dia melakukannya dengan baik," ucap Solskjaer.

Pertandingan antara MU dan Liverpool menghadirkan kontroversi. Gol MU yang dilesakkan Marcus Rashford sempat dicek oleh VAR lantaran ada kontak fisik yang dilakukan Victor Lindelof terhadap Divock Origi untuk mematahkan serangan Liverpool.

Usai berdiskusi dengan wasit VAR, Atkinson tetap mengesahkan gol MU. Keputusan Atkinson itu kemudian mendapat respons dari manajer Liverpool, Jurgen Klopp yang menyebut gol Rashford tidak sah karena Lindelof melanggar Origi.

Berbeda dengan gol Rashford yang tetap disahkan, Atkinson menganulir gol Sadio Mane pada menit akhir babak pertama karena handsball pemain asal Senegal itu sebelum memperdaya David De Gea.

Skor 1-1 membuat MU masih tertahan di papan tengah. Meraih 10 poin dari sembilan pertandingan, MU kini menempati peringkat ke-13. Sementara Liverpool masih berada di puncak klasemen dengan 25 poin. (DTC/ANT/CNN)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C