Log in

Stevanus Juara I Chinese Bridge STBA-PIA

JUARA I-Ketua STBA-PIA Berlin Sibarani diabadikan bersama Stevanus Dewangga peraih Juara I Chinese Bridge tingkat STBA-PIA. JUARA I-Ketua STBA-PIA Berlin Sibarani diabadikan bersama Stevanus Dewangga peraih Juara I Chinese Bridge tingkat STBA-PIA.

Medan-andalas Stevanus Dewangga tampil sebagai Juara I Chinese Bridge Competition STBA-PIA ke-16 yang berakhir, Sabtu (22/4) di Hall STBA-PIA. Untuk Juara II dan III masing-maisng diraih Shierly dan Effie Wijaya. Sedangkan untuk katagori The Most Favourite Award diraih Marxcel, The Most Potential Award diraih Fenny Kie, The Best Speaker Award diraih Sally, The Most Innovative Award diraih Tasha Iqfanty Syahputri, The Best Performance Award diraih Lisa Indria Sari, Runner Up Jennifer Yulian, Elvira. Kompetisi Chinese Bridge tingkat STBA-PIA yang melibatkan 30 finalis tersebut, turut dihadiri mewakili Yayasan MITSU Agus Sujana, Ardjan Leo, Widyatmadja, Benny Mulyadi Tjipto Kuswandi, Teh Kia Tjoh, Sukawati Ngaserin, Fungsionaris STBA-PIA Prof  Dr  Berlin Sibarani MPd.

Ketua STBA-PIA, Sinar Anwar BA MTCSOL Pembantu Ketua 1, Yenny Marlim BA MPd Pembantu Ketua 3, Dewi Kartika Tjong BEd MTCSO Kabag Akademik, Lyna BA MTCSOL Kepala Kantor Urusan Internasional, Elly Romy SE BA MTCSOL Kepala Prodi Sastra China yang juga Ketua Panitia Chinese Bridge, Drs Rita Napitupulu Mhum Kepala Prodi Sastra Inggris. Ketua STBA-PIA Berlin Sibarani dalam kesempatan itu mengemukakan, even Chinese Bridge seperti ini salah satu even yang bisa menunjukkan reputasi STBA-PIA di masyarakat umum yang belum mengenal STBA-PIA. Karena di STBA-PIA tidak hanya didominasi etnis Tionghoa, tapi juga ada etnis Jawa yang sudah pernah juara Chinese Bridge di tingkat internasional.

“Untuk tingkat internasional, even seperti ini sudah yang ke-16 kali dilaksanakan. Tapi, di kalangan STBA-PIA ini merupakan yang ke-9 karena STBA-PIA berdiri sejak 2008 lalu dan baru dimulai pada tahun 2009. Sedangkan untuk tingkat nasional, STBA-PIA sudah berhasil juara 7 kali. Sementara untuk tingkat internasional ada 2-3 mahasiswa yang berhasil juara,” ujar Berlin Sibarani seraya berharap hasil positif tersebut tetap harus dipertahankan. Sebelumnya Ketua Panitia Chinese Bridge Elly Romy mengatakan, Chinese Bridge merupakan salah satu kompetisi bertaraf internasional. Ada 3 hal yang dinilai dalam kompetisi ini, yakni Keterampilan Berbahasa Mandarin, Seni Budaya Tionghua, dan Ilmu Budaya Tionghua.

“Pada tahun ini, kompetisi tingkat regional Sumut akan diselenggarakan pada 07 Mei 2017, pemenang pada tingkat regional akan dikirim lagi ke Jakarta untuk kompetisi se-Indonesia pada akhir bulan Mei. Pemenang se-Indonesia akan dipertandingkan lagi di tingkat internasional pada bulan Juli di beberapa Provinsi China, yang lokasi pertandingan berpindah-pindah,” ujar Elly seraya menambahkan jenis tampilan seni meliputi Tarian Tradisional China, Operah China, Seni Suara, Seni Kaligrafi Mandarin, Puisi dan lain-lain. (RIL)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px