Log in

Piala Presiden Batal, Persija dan Arema FC Siapkan Laga Pengganti


Jakarta-andalas PSSI telah memutuskan meniadakan Piala Presiden tahun ini guna berfokus pada persiapan Piala Dunia U-20 2021. Padahal, turnamen yang sudah berangsung empat kali sejak 2015 itu merupakan ajang pemanasan bagi tim-tim sebelum turun di kompetisi Liga 1.

Merespons hal itu, tim ibu kota Persija, menyiapkan agenda lain sebagai persiapan skuat Sergio Farias. Macan Kemayoran akan mengikuti tiga uji coba pada bulan depan.

"Mungkin setelah 3 Februari pemain lokal akan menghadapi dua sampai tiga uji coba karena pemain asing belum lengkap," kata asisten pelatih Persija Jakarta, Stefano Impagliazzo, ketika dihubungi pewarta, Minggu (26/1).

Persija saat ini baru mengamankan jasa pemain asing Marko Simic, Rohit Chand, dan Marco Motta, eks Juventus yang diklaim Persija sudah menandatangani kontrak, namun belum diperkenalkan secara resmi.

Sempat mengujicobakan bek eks Melaka United Jasmine Mecinovic dalam sepekan terakhir tapi manajemen belum bisa memutuskan soal hasil trial tersebut.

"Pemain asing baru akan lengkap pada 8 Februari mendatang. Pendapat saya pemain lokal butuh tiga uji coba tapi saya kembalikan kepada pelatih kepala (Sergio Farias) karena semua rencana tergantung dia," ujarnya.

Senada, Manajer Umum Arema FC, Ruddy Widodo, sudah mengantisipasi jika nantinya turnamen pramusim Piala Presiden 2020 batal digelar. Ruddy mengaku jika turnamen itu batal diselenggarakan, Singo Edan julukan Arema FC– akan melakoni laga uji coba kontra Persija Jakarta dan Madura United.

Potensi Piala Presiden 2020 untuk diselenggarakan agak kecil. Sebab, jika berkaca kepada waktu penyelenggaran Piala Presiden 2019 yang bergulir sekira 40 hari, turnamen itu takkan bisa digulirkan tahun ini.

Sebab, kick off Liga 1 2020 akan bergulir pada Sabtu 29 Februari. Hal itu berarti, kick off Liga 1 2020 per hari ini hanya berjarak sekira 38 hari saja. Meski begitu, Piala Presiden mungkin saja digulirkan jika berganti format.

Sekadar informasi, Piala Presiden biasanya diikuti 16 peserta dan menggunakan format fase grup. Karena itu, jika ingin mempersingkat waktu, fase grup bisa dihilangkan dan langsung mentas di fase gugur.

“Kami masih menunggu keputusannya, kalau tidak ada Piala Presiden 2020, kami akan mengadakan laga uji coba. Sudah ada komunikasi informal dengan klub lain, seperti Persija Jakarta dan Madura United,” kata Ruddy.

Di bawah asuhan pelatih Mario Gomez, skuad Arema FC tengah menjalani pemusatan latihan di Lapangan Agrowisata Batu dari Minggu 19 Januari hingga Sabtu 25 Januari 2020. Selain menggelar pemusatan latihan, Arema FC juga melangsungkan laga uji coba kontra Bintang Semeru, yang mana mereka menang 10-1.(dtc/okz)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px