Log in

Piala Dunia U-20, Menpora: PSSI Harus Mampu Jadi Tuan Rumah Terbaik


Jakarta-andalas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menginstruksikan para pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) harus mampu memajukan sepak bola dan menjadi tuan rumah terbaik Piala Dunia U-20 tahun depan.

"Saya harapkan seluruh bangsa Indonesia mendukung dan menyukseskan hajatan sepak bola Piala Dunia U-20 tersebut. Kita harus bangga mendapatkan kepercayaan dari FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia," kata Menpora Zainudin pada Kongres Biasa PSSI 2020 di Kuta Bali, Sabtu.

Ia mengatakan dalam penyelenggaraan hajatan piala dunia tersebut, pemerintah sangat mendukung, karena ajang tersebut belum tentu bisa menyelenggarakan 20 tahun mendatang, kesempatan kali ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menjadi tuan rumah yang baik dan harus sukses.

"Dipercaya menjadi tuan rumah piala dunia tidaklah mudah, karena itu segala persiapan harus secara matang. Dan pihak FIFA akan melakukan verifikasi tempat atau stadion yang memenuhi persyaratan untuk pertandingan sepak bola bertaraf internasional itu," kata Zainudin.

Dikatakan suksesnya ajang sepak bola tersebut adalah pertaruhan, bukan saja dari PSSI, tetapi juga atas nama bangsa Indonesia di dunia internasional.

"Untuk kegiatan sepak bola Piala Dunia U-20 tersebut, Bapak Presiden Joko Widodo sudah berkirim surat ke Presiden FIFA yang menyatakan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 Tahun 2021 tinggal setahun lagi, namun kalau dirunut dengan padatnya persiapan, harus segera ada kepastian dari FIFA mengenai stadion yang akan ditetapkan pada kompetisi tersebut.

Terkait pemakaian stadion untuk Piala Dunia tersebut, Iriawan menyatakan bahwa FIFA hanya merekomendasikan empat stadion saja, sedangkan PSSI awalnya mengusulkan 10 stadion dan akhirnya diambil jalan tengah enam stadion.

"Keputusannya nanti saat utusan FIFA datang ke Indonesia sekitar akhir bulan ini, enam stadion itu semuanya sangat memenuhi syarat dan FIFA nanti akan melihat stadion itu, termasuk verifikasi persyaratan yang harus dilengkapi," katanya.

Disisi lain, renovasi Stadion Mandala Krida menyambut Piala Dunia U-20 2021 segera dilaksanakan. Hal itu diumumkan oleh Balai Pemuda dan Olahraga (BPO) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY selaku pengelola venue.

Kepala BPO Disdikpora DIY, Eka Heru Prasetya, mengatakan pihaknya tengah menunggu persetujuan PSSI terkait desain renovasi Mandala Krida untuk venue Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Desain itu meliputi desain ruang ganti, lampu penerangan di dalam Stadion, single seat, papan skor digital dan kelengkapan penunjang, seperti lampu-lampu di luar Stadion. Pengajuan desain itu untuk meminimalisir kesalahan pada renovasi.

"Iya, baru dikonsultasikan (ke PSSI), jadi biar menghindari kalau sudah dibangun ternyata tidak seperti yang diharapkan. Sekaligus biar tidak mengulang pekerjaan juga 'kan," ujar Eka Heru saat dihubungi detikcom, Minggu (26/1).

Eka mengungkapkan, anggaran untuk renovasi Stadion mencapai Rp 60 miliar. Menyoal kapan mulainya renovasi, ia mengaku belum tahu pasti. Namun, Eka mengaku renovasi dimulai tahun ini sesuai dengan keluarnya anggaran yang diperuntukkan untuk tahun 2020.

"Secepatnya mas, artinya kalau gambar itu (desain renovasi Mandala Krida) sudah disetujui dari PSSI pusat terus kita lelangkan," ucap Eka.

"Ya, anggarannya di tahun ini jadi harus terlaksana tahun ini, dan tahun ini program itu (renovasi Mandala Krida) selesai," katanya.

Tapi, lanjutnya, kalau kapan pastinya belum tahu, semua itu tergantung persetujuan PSSI pusat.

"Kalau gambar itu misal sudah sesuai kan otomatis harus segera, apalagi dikejar waktu juga kan," imbuh Eka.

Ketua Umum Asprov PSSI DIY, Ahmad Syauqi Soeratno, menjelaskan bahwa persetujuan desain renovasi Stadion Mandala Krida lebih kepada spesifikasi. Ia mencontohkan, spesifikasi itu seperti teknis seperti apa single seat yang diperlukan.

"Untuk acc (persetujuan desain renovasi dari PSSI) itu konteksnya penyesuaian dengan spesifikasi, nanti begitu spek clear di federasi ya disesuaikan. Mungkin seperti single seatnya mau yang 47 cm atau 50 cm, gitu-gitu aja," kata dia.(ant/dtc)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px