Logo
Print this page

Penalti Selamatkan PSMS dari Kekalahan


Medan-andalas Sempat tertinggal satu gol dari Persik Kediri 1-0 di babak pertama, pada laga pembuka Babak 8 besar Liga 2 wilayah Barat, yang digelar di Stadion Jakabaring Palembang, Minggu (10/11) sore. PSMS terus berupaya bangkit dengan membangun serangan namun belum membuahkan gol. Hingga wasit meniupkan peluit berakhirnya laga di babak pertama, skor 1-0 untuk keunggulan Persik Kediri tetap bertahan.

Gol Persik Kediri diciptakan Galih di menit tambahan babak pertama (45+1) melalui tendangan bebas yang dilesakkan dari luar kotak penalti, setelah memanfaatkan kesalahan yang dilakukan pemain belakang PSMS, Syaiful.

Galih dengan mudah memperdaya penjaga gawang PSMS yang dikawal Alfonsius Kelvan, setelah tendangan mendatar ke sudut kiri tak dapat diantisipasi penjaga gawang berkepala plontos itu.

Menit 10, PSMS mendapat tendangan bebas usai Elina Soka ditabrak bek Persik. Eki yang menjadi eksekutor melepaskan tendangan apik langsung ke gawang namun masih bisa diblok kiper Persik Fajar Setya, bola mantul sempat membuat kemelut di kotak penalti, tapi gagal berbuah gol. Menit 21, pemain Persik Taufiq menendang si kulit bundar dari luar kotak penalti dan mendarat jauh sisi kanan kiper PSMS Alfonsius Kevlan.

PSMS lagi-lagi mendapat tendangan bebas. Kali ini menit 32, Legimin yang didapuk melepaskan tendangn namun berakhir sia-sia karena tak bisa disambut rekannya di kotak penalti. Menit 41 Elina Soka diganjar kartu kuning oleh wasit Abdullah (Aceh) karena melakukan pelanggaran keras. Sempat terjadi saling adu argumen karena pemain Persik tak terima pelanggaran keras itu.

Menit ke 44, skuad Ayam Kinantan juga gagal membuhakna gol setelah tandukan Bruno Casimir di dalam kotak penalti usai menerima umpan tendangan sudut Eki Fauji masih melenceng.

Pada babak kedua, tertinggal 1-0 PSMS yang dikapteni Legimin Raharjo dan kawan kawan terus melakukan penekanan. Pelatih PSMS, Jafri Sastra mengganti tiga pemainnya, Muhammad Renngur, Yuda Riski dan Natael Siringoringo masuk. Permainan lebih bervariatisi, serangan PSMS pun lebih baik. Namun, tak banyak yang berpeluang gol.

Pada menit 76, Elina Soka mencoba mencetak gol dari luar kota penalti namun bola tipis melambung di atas mistar gawang Persik yang dikawal Fajar Setya.

Setelah terus melakukan penyerangan, PSMS akhirnya mendapatkan peluang emas pada menit 81. Natanael Siringoringo membawa bola ke dalam kotak penalti melewati beberapa bek Persik hingga terjadi kemelut. Bola kemudian dilepaskan dan terkena tangan bek Persik. Wasit Abdullah asal Aceh langsung menunjuk kotak putih. Penalti ini sempat memantik reaksi pemain Persik yang protes ke wasit. Namun, keputusan tak berubah.

Menit 82, Eki Fauji yang diplot menendang si kulit bundar di titik putih mampu melepaskan tendangan penalti dengan baik. Skor pun menjadi 1-1. Setelah kedudukan 1-1, tempo permainan kian tinggi. Dari pinggir lapangan kubu Persik beberapa kali tampak ofisial protes ke wasit hingga salah satunya diganjar kartu kuning. Skor 1-1 pun bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

Sementara pelatih PSMS Medan Jafri Sastra pun mengaku bersyukur atas laga tersebut dan berusaha memperbaiki beberapa kesalahan untuk menatap laga berikutnya.

"Di babak pertama kita bermain kurang baik sehingga harus kecolongan lewat set piece. Dan babak kedua anak-anak bisa tampil baik dan berhasil menyamakan kedudukan. Apapun hasilnya tetap kita syukuri," ujar Jafri dalam sesi temu pers usai laga.

Hanya saja, ia sedikit menyesalkan sejumlah peluang emas yang terbuang di babak kedua. Padahal, para pemainnya berhasil menguasai jalannya laga dan terus mengepung pertahanan lawan.

"Banyak peluang yang tidak bisa dimaksimalkan dan ke depan kita akan evaluasi dan berusaha lebih baik lagi," harap mantan pelatih PSIS Semarang itu.

Hal senada disampaikan pemain PSMS Ilham Fathoni. Dirinya pun berjanji akan memperbaiki penampilan di laga berikutnya.

"Apapun hasilnya kami tetap bersyukur dan ke depan ingin memperbaiki penampilan kami," ujar topskorer sementara PSMS itu.

Selanjutnya PSMS Medan dijadwalkan akan melakoni laga keduanya menghadapi Martapura pada Kamis (14/11) sore mendatang. (YN)

PT. STAR MEDIA INTERNUSA
JL. TENGKU AMIR HAMZAH KOMP RUKO GRIYA RIATUR INDAH 182, 184, 186 - MEDAN - 20124 - SUMATERA UTARA - INDONESIA.
Email : berita.andalas@googlemail.com © 2013 - 2014 harianandalas.com - All Rights Reserved.
IKLAN ONLINE | REDAKSI

http://kpkpos.com http://bursaandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com http://harianandalas.com