Log in

Messi Hattrick, Barcelona Kembali ke Puncak


Barcelona mengalahkan Celta Vigo 4-1 berkat hattrick Lionel Messi pada laga lanjutan Liga Spanyol 2019/2020 di Stadion Camp Nou, Sabtu (9/11) malam waktu setempat.

Kemenangan tersebut mengerek posisi Barcelona kembali ke peringkat teratas dari posisi ketiga klasemen sementara Liga Spanyol. Mereka menggeser posisi Real Madrid yang sebelumnya membantai Eibar 4-0 pada laga di hari yang sama. Sama-sama mengantongi 25 poin, Blaugrana masih unggul selisih gol dari Los Blancos. Selain hattrick Messi satu gol kemenangan Barcelona diciptakan oleh Sergio Busquets.

Barcelona sempat kesulitan mendobrak pertahanan Celta Vigo di awal-awal babak pertama. Skuat arahan Ernesto Valverde akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-23 melalui eksekusi penalti yang sukses dijalankan Messi.

Barca mendapatkan hadiah penalti setelah Joseph Aidoo melakukan handball di dalam kotak penalti Celta Vigo. Memasuki menit ke-43, Vigo secara mengejutkan mampu menyamakan skor 1-1 berkat gol Lucas Olaza melalui tendangan bebas.

Di pengujung babak pertama, Messi kembali membawa Barcelona memimpin skor menjadi 2-1. Gol Messi kali ini tercipta melalui tendangan bebas. Skor 2-1 untuk Barca bertahan hingga turun minum. Barcelona langsung melancarkan serangan ke pertahanan Celta Vigo pada awal-awal babak kedua. Alhasil, Messi berhasil memastikan hattrick pada menit ke-48 sekaligus membawa Blaugrana unggul 3-1.

Gol ketiga Messi di laga itu lagi-lagi tercipta melalui tendangan bebas. Barcelona menambah skor menjadi 4-1 berkat gol Sergio Busquets pada menit 85. Dia sukses menyambar bola pantulan dari penyerang Vigo, David Junca, yang berusaha membuang bola dengan tandukannya.

Skor 4-1 untuk Blaugrana bertahan hingga laga berakhir. Barcelona pun memastikan kembali ke puncak klasemen Liga Spanyol menggeser Real Madrid.

Dengan kemenangan ini, Barcelona kembali memuncaki klasemen dengan nilai 25 dari 12 pertandingan, unggul selisih gol atas Real Madrid di posisi dua. Sementara Celta ada di posisi 18 dengan baru mengumpulkan sembilan poin.

Ernesto Valverde mengakui bahwa Barcelona sangat sulit untuk tidak bergantung kepada Lionel Messi setelah penyerang itu mencetak trigol dan menginspirasi kemenangan 4-1 atas Celta Vigo pada Minggu.

Tiga gol La Pulga muncul setelah kekalahan 1-3 pekan lalu oleh Levante dan diperparah dengan hasil imbang tanpa gol di kandang melawan Slavia Prague di Liga Champions. Messi mengonversikan penalti menjadi gol dan mencetak dua lainnya melalui tendangan bebas saat menjamu Celta Vigo di Camp Nou. Berbicara kepada wartawan setelah pertandingan, pelatih Barcelona Ernesto Valverde menekankan betapa pentingnya pemain timnas Argentina itu.

"Sulit untuk tidak bergantung pada Messi. Begitulah cara kerjanya. Ia mempermudah segalanya," ujar pelatih asal Spanyol tersebut seperti dilansir Goal usai pertandingan, Minggu.

"Hari ini kami bermain baik dan ia mencetak tiga gol. Ini keuntungan yang kami miliki, bahwa lawan kami takut dan itu sah-sah saja. Ketika kita menang, kita semua menang. Mereka yang bermain juga berhasil menjalankan tugasnya, seperti Leo (Messi)," ungkapnya.

Valverde mengakui bahwa kekalahan atas Levante menciptakan atmosfir yang kurang bagus di Camp Nou.

"Ketika Anda tidak menang, ada ketidakpastian di sekitar lingkungan Anda. Itu bagus karena Anda harus segera merespons. Karena ketika kamu terbiasa dengan perasaan itu, maka akan memaksa Anda bermain lebih baik."

Valverde juga mengatakan ia berharap jeda internasional yang akan datang akan memberikan keuntungan bagi para pemainnya menjelang jadwal pertandingan yang sulit.

Blaugrana berada di puncak La Liga dengan unggul selisih gol setelah 12 pertandingan dan akan bertandang ke Leganes pada 23 November sebelum bertemu Borussia Dortmund di kandang di Liga Champions.(CNN/DTC/ANT)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C

Banner 468 x 60 px