Log in

Liga Champions : Messi Bersinar, Ronaldo Memudar


Keberhasilan Barca mengalahkan Napoli 3-1 Minggu dinihari tidak saja membuat mereka melaju ke perempat final. Kemenangan ini juga membuat Barcelona mencatatkan sejarah baru. Mereka kini telah lolos ke fase tersebut untuk yang ke-13 kalinya secara beruntun.

Barca tak pernah gagal untuk masuk ke fase tersebut sejak musim 2006-07 silam. Saat itu superstar Blaugrana yakni Messi masih remaja dan belum lama menembus skuat senior Barca.

Kesuksesan Barca ini belum ada tandingannya. Tidak ada tim lain (termasuk Real Madrid), yang bisa sukses menembus masuk fase perempatfinal lebih dari delapan musim beruntun.

Catatan rekor apik juga dibuat sang megastar Lionel Messi. Pemain asal Argentina ini pada leg pertama tak mampu mencetak gol ke gawang Napoli. Baru di leg kedua ini ia berhasil melakukannya, dengan indah pula.

Gol ini membuat Messi sukses mencetak gol ke 35 gawang klub yang berbeda di sepanjang karirnya di Liga Champions. Jumlah itu lebih banyak dari torehan rival abadinya di Real Madrid yang kini membela Juventus, Cristiano Ronaldo.

Kesuksesan Messi memang berbanding terbalik dengan apa yang dialami Ronaldo. Kalau Messi hingga kini tetap terlihat ganas dan bersinar, sebaliknya Ronaldo sudah mulai melempem dan memudar.

Seperti diketahui, pemilik Juventus sebelumnya ngebet memboyong pacar kumpul kebo Gerorgina Rodriguez ini adalah untuk mengakhiri masa penantian panjang Juventini terhadap gelar juara Liga Champions.

Namun, setelah dua musim bersama Juventus, jangankan membawa gelar, sekadar bisa lolos ke semi final ke Liga Champions saja pun, Ronaldo tak mampu membantu Juventus.

Karena itu, target para petinggi dan fans Juventus memboyong Ronaldo ke Turin, dengan harga selangit, bisa disebut telah gagal total. Sebab, sejauh ini Ronaldo hanya bisa menyumbang gelar Serie A, sesuatu yang selama ini juga rutin diraih Juve, tanpa kehadiran Ronaldo.

Pada musim ini kesialan juga dialami mantan klub Ronaldo, Real Madrid. Bersama pelatih Zinedine Zidane, untuk pertama kalinya Madrid gagal lolos ke perempat final, setelah dipecundang City, yang diasuh mantan pelatih Barcelona, Pep Guardiola.

Pada tahun ini, perburuan gelar juara Liga Champions hanya menjadi milik Messi, Lewandowski, Sterling, Neymar, Morata, Mbappe, dan sejumlah pemain kurang terkenal dari Lyon, Atlanta dan RB Leipzig.

Masa keemasan Ronaldo kelihatannya sudah berlalu, sementara Messi masih tetap konsisten memperlihatkan sentuhan magisnya. Karena itu, jika Juventus masih mendambakan gelar Liga Champions, sudah saatnya mereka melakukan peremajaan pemain, dengan mengincar bintang-bintang baru, seperti Mbappe, Sterling, atau Neymar.(UJ)

22°C

Medan, Sumatera Utara

Cloudy

Humidity: 95%

Wind: 11.27 km/h

  • 04 Jan 2019 29°C 21°C
  • 05 Jan 2019 31°C 21°C